10 Desa Di Cianjur Berhasil Ubah Kualifikasi Strata Desa Siaga

Cianjur,transnews- Kepala Dinas Kesehatan Kab Cianjur Jawa Barat,dr Trensna Gumilar disela sela rapat Desa Siaga di Aula 2 Wisman Komnas Gramedia Pacet Cianjur,Kamis (10/10/19) mengatakan, desa siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri.

“Desa Siaga mempunyai macam-macam strata diantataranya strata pratama, strata madya, strata purnama dan terakhir strata mandiri,”Ujar Tresna.

Tresna Gumilar melaporkan, ini adalah sebuah solusi dimana Desa yang penduduknya yang mempunyai kesiapan sumber daya, kemauan, kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan termasuk bencara dan kegawatdaruratan dan dilaporkan juga dimana strata ini Kabupaten Cianjur hampir semua sudah mempunyai strata diantaranya strata pratama 138 Desa, strata madya 186 Desa, strata purnama 17 Desa dan strata mandiri 11 Desa.

“Dalam rapat evaluasi ini ada peningkatan lagi dari 10 Desa diantaranya sudah masuk ke strata purnama 4 Desa dan strata mandiri 6 Desa,”Ungkapnya.

Plt. Bupati Cianjur H.Herman Suherman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan yang sudah berhasil meningkatkan derajat kesehatan di kabupaten Cianjur.

Plt Bupati mengatakan,jangan puas dulu masih banyak warga masyarakat Cianjur yang perlu bantuan khususnya di bidang kesehatan, kemudian juga kita bangga sebab Cianjur dijadikan percontohan di Jawa Barat dalam rangka Jabar juara lahir batin.

“Mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan Jawa Barat ke Cianjur ini untuk menjadi manambah motivasi, menambah semangat kita dalam rangka memperjuangkan kesehatan di Kabupaten Cianjur”, ungkapnya.

Setelah itu Plt. Bupati menyerahkan sertifikat penghargaan untuk 10 Desa yang sudah merubah kualifikasi Desa Siaganya dari asalnya strata pratama menjadi strata purnama dan strata mandiri diantaranya Desa Cipendawa strata purnama, Desa Sindangsari strata mandiri, Desa Sukaratu strata mandiri, Desa Ciwalen strata mandiri, Desa Haurwangi strata mandiri, Desa Sukasari strata purnama, Desa Sawah Gede strata mandiri, Desa Batulawang strata purnama, Desa Babakancaringin strata mandiri, dan terakhir Desa Cibeureum strata purnama.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Dr. Irvan Nur Fauzi saat ditemui awak media Humas Cianjur menyampaikan bahwa Kabupaten Cianjur pada awal tahun sudah berhasil merubah kulalifikasi Desa Siaga dari pratama menjadi purnama dan mandiri.

“Hari ini Bapak Plt. Bupati Cianjur berkenan untuk membuka evaluasi Desa Siaga di Kabupaten Cianjur, seperti yang disampaikan tadi bahwa sepuluh Desa yang sudah kami interpensi sejak awal tahun ini telah berhasil merubah kualifikasi Desa Siaganya dari yang asalnya pratama menjadi purnama dan mandiri.

“Nah itu suatu keberhasilan yang tentunya tidak terlepas dari peningkatan pemberdayaan masyarakat yang ada di Desa masing-masing,”ungkapnya (Mal)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com