DAERAH  

Antisipasi Banjir Rob, Pemkab Kapuas Lakukan Normalisasi Drainase

Kapuas, Transnews.co.id – Pemkab Kapuas melalui Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPRPKP dan Satpol PP Damkar Kapuas melakukan normalisasi drainase di ujung Jalan Barito dan simpang 4 Jalan Teratai Kota Kuala Kapuas, Selasa (7/12/2021) pagi.

Kagiatan tersebut, dalam rangka mengantisipasi banjir pasang atau rob yang diakibatkan adanya penyumbatan drainase atau gorong-gorong.

“Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi, untuk menghindari meluapnya drainase kita membersihkan drainase yang tertutup sampah,” ungkap Sekda Kabupaten Kapuas Septedy, saat melakukan peninjauan.

baca juga :   Jalan Raya Nasional Blega Terendam Banjir, Polres Bangkalan Terjunkan Personil Urai Kemacetan

Lebih lanjut, Septedy mengharapkan agar lurah-lurah yang ada di Kecamatan Selat untuk lebih rajin mengelilingi wilayahnya dalam memantau drainase yang ada.

“Apabila tertumpuk sampah, segera sampaikan ke camat, nanti camat menyampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup dan nanti mereka yang akan membersihkan sampah-sampah yang ada dan Dinas PUPRPKP yang akan menormalisasi drainase,” kata Sekda Kapuas itu.

baca juga :   Gubernur Khofifah Pimpin Pelaksanaan Apel Siaga Banjir di Bendungan Semantok Nganjuk

Kemudian, Sekda Kapuas itu juga meminta lurah dan camat untuk memberdayakan dan menggerakkan masyarakat untuk bergotong-royong dalam membersihkan lingkungannya masing-masing.

Sehingga, dengan adanya keterlibatan masyarakat sekitar, dapat menimbulkan rasa memiliki terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Saya minta setelah ini camat segera mengatur jadwal gotong-royong di kelurahan masing-masing, terutama pada drainase-drainase yang ada di wilayahnya,” kata Septedy.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com