DAERAH  

BBWS Brantas, Amankan Tanggul Kali gunting Jombang Dari Banjir Musiman

Jombang, Transnews.co.id – Untuk menanggulangi banjir musiman di wilayah Mojoagung kabupaten Jombang Jawa timur dan sekitarnya, Kementrian PUPR mengalokasikan anggaran yang bersumber dari APBN tahun 2021, pada Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWSB) sebesar Rp 5,5 milyar.

Anggaran tersebut, di alokasikan untuk kegiatan penanggulangan banjir kali Gunting di wilayah kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang Jawa timur.

Diketahui, proyek penanggulangan banjir kali Gunting Jombang tersebut, dikerjakan oleh PT Inneco Wira Sakti Hutama (IWSH) yg berkantor di jalan Sutorejo Selatan Surabaya dengan nilai kontrak sebesar Rp 5, 5 milyar.

Pantauan Transnews di lapangan, Jum’at (15/10/2021), tampak alat berat excavator sedang beraktivitas menggali tanah dan para pekerja sedang beraktivitas membuat tanggul dikali Gunting sepanjang 700 meter tersebut.

baca juga :   Bupati Gresik Tinjau Jalan Rusak Akibat Banjir

Sebagaimana dikatakan, Hari pelaksana lapangan PT Inneco Wira Sakti Hutama pada Transnews,Jum’ at (15)10/2031), bahwa perolehan progres fisik pekerjaan di lapangan sudah mencapai 70 prosen.Sedang item pekerjaan mayor nya meliputi pekerjaan pembuatan tebing penahan banjir sepanjang 700 meter dan normalisasi sungai.katanya.

Masih menurut Hari, bahwa untuk pekerjaan normalisasi pembersihan dan pengerukan sungai ,” Kami sudah menyiapkan spilbang untuk menampung hasil pengerukan sedimentasi untuk menguruk lapangan voli Desa Suwaru Wringin Pitu.Dan itupun berdasarkan permintaan warga melalui kepala desanya. terangnya.

baca juga :   UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Implementasikan Program Naturalisasi Gubernur DKI Jakarta

Pada kesempatan yang sama, Parman warga Desa Kademangan kecamatan Mojoagung Jombang berharap, dengan di bangunnya tanggul dan di keruknya kali Gunting oleh Balai Besar Brantas ini ,bisa mengatasi langganan banjir di Desa kami yang datang di setiap musim penghujan.harapnya.

Karena, ketika hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jombang hingga beberapa jam saja, dipastikan Dusun/Desa di wilayah Mojoagung ini, bisa terendam banjir akibat luapan kali Gunting ini.terang Parman.

Terpisah, Tyas pelaksana teknik PPK sungsi dan pantai IV BBWS Brantas menuturkan, bahwa .
untuk perolehan progres fisik pekerjaan di lapangan sudah mencapai 70 prosen.Dan untuk pelaksanakan kegiatan di lapangan sesuai dengan SOP yang ada.Dengan memasang papan nama proyek di lokasi pekerjaan,

baca juga :   Banjir Rob Landa Pesisir Selatan Pulau Kimaam, Warga Distrik Waan Terancam Krisis Pangan

Masih menurut Tyas, begitu juga dengan material yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan,dan agenda pra hand over (PHO) sesuai scedul yang ditentukan.jelasnya.(HD)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com