BPBD HSU Imbau Warga Waspadai Banjir Kiriman

Amuntai, Transnews.co.id – Meningginya debit air sungai yang terjadi di Kabupaten Balangan dan Tabalong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara (HSU) mengiimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk siaga dan waspada kiriman banjir.

Kepala BPBD HSU, Sugeng Riyadi, mengatakan, peningkatan debit air sungai yang terjadi di kabupaten tetangga seperti Tabalong dan Balangan yang sudah sebagian titik terendam banjir akibat meningkatnya intensitas hujan.

“Secara umum, wilayah HSU masih dikatakan aman, hanya saja di Kabupaten Tabalong dan Balangan air sudah melampaui batas yang perlu diwaspadai beberapa hari ini, sedangkan untuk HSU sebagian desa yang berada dibantaran sungai sudah mulai terendam banjir salah satunya Desa Kalintamui, Murung Padang dan Danau Terate,”imbuh Sugeng, Senin (29/11/2021).

baca juga :   Puluhan Kendaraan Terjebak Banjir di Jalur Poros Jeneponto-Makassar

Sugeng menambahkan, pihaknya saat ini bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) dan InDRA terus melakukan pemantauan titik lokasi rawan banjir di desa atau wilayah yang ada di HSU.

Lebih lanjut, ia juga telah memberikan instruksi kepada jajaran di bawahnya untuk mulai mendirikan pos tenda darurat di sekitar Tugu Itik Amuntai serta terus melakukan pemantauan wilayah-wilayah rawan titik banjir guna antisipasi banjir kiriman.

baca juga :   Banjir Genangi Pemukiman Warga, Wali Kota Malang Terjun ke Lokasi

“Mudah-mudahan tidak ada lagi penambahan curah hujan yang signifikan, kami juga senantiasa lebih insentif lagi melakukan pemantauan kewilayah atau desa-desa di HSU, untuk tenda darurat BPBD bekerjasama dengan Dinas Sosial serta instansi terkait akan membangun tenda disekitar tugu itik amuntai.”tuturnya.

Di sisi lain, Fakhruddin, salah satu warga Desa Kalintamui mengaku, air mulai memasuki ruas jalan dan rumahnya sejak jumat (26/11/2021) lalu.

“Air mulai menggenang sejak jumat pukul 05.00 sore kemarin, air kiriman dari sungai Balangan langsung merendam ruas jalan dan beberapa rumah warga. Memang untuk Desa Kalintamui setiap tahunnya langganan banjir, semoga banjir ini lekas surut dan bisa beraktivitas seperti biasa.” harapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com