BPPW Jatim : Selesaikan Pembangunan Kampus Universitas Wahab Hasbullah Jombang 

JOMBANG, Transnews.co.id – , Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Balai Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 1 Jawa timur, telah menyelesaikan pembangunan Kampus Universitas Wahab Hasbullah (UNHAWA) di Kabupaten Jombang, Jawa timur.

Selesainya proyek pembangunan gedung Kampus Wahab Hasbullah Jombang tersebut, ditandai dengan diresmikannya Gedung Kampus Wahab Hasbullah tersebut oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin , Sabtu (4/6) lalu. Dalam peresmian Kampus Wahab Hasbullah Jombang tersebut, Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda Jawa timur.

Tampak hadir dalam peresmian gedung Kampus Wahab Hasbullah Jombang tersebut, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa timur Muhammad Reva, serta Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum Hj. Hizbiyah Wahab.

Dalam sambutannya Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, dengan selesainya pembangunan gedung perkuliahan ini, diharapkan tidak hanya mendorong semangat civitas akademi UNWAHA, tetapi juga menginspirasi lahirnya gagasan dan inovasi yang akan mengantarkan kiprah UNWAHA sebagai kampus berwawasan global dan berkarakter Islam ahlussunnah wal jamaah.

“Kunci kemakmuran bumi adalah SDM yang mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak ada kata lain diperoleh melalui pendidikan. Sejak awal di ajaran Islam diperintahkan untuk membaca (Iqra), melakukan penelitian, riset dan berbagai pendalaman ilmu,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu,(4/6).

Selanjutnya, Wapres Ma’ruf Amin berharap dengan dukungan prasarana Gedung Perkuliahan tersebut, UNWAHA dapat berperan aktif dalam mencerdaskan manusia Indonesia seutuhnya, dengan menanamkan karakter Islami dan pada saat yang sama juga menguasai Iptek untuk kemaslahatan bangsa.

“UNWAHA harus turut serta menjadikan Indonesia sebagai episentrum pendidikan Islam yang moderat dan toleran, dengan menciptakan insan teladan bagi generasi muslim global yang tidak hanya cakap secara akademis tapi juga mampu menebarkan toleransi dan berperan aktif dalam kehidupan sosial,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menuturkan, bahwa pembangunan Gedung UNWAHA diharapkan dapat mendukung para mahasiswa mendapatkan tempat yang layak selama proses belajar-mengajar.

“Selain itu diharapkan nantinya para mahasiswa lebih fokus belajar demi meningkatkan prestasi belajar sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul,” tutur Diana.

Diketahui, bahwa pembangunan Gedung Kuliah UNWAHA setinggi empat lantai tersebut, adalah kewenangan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Dimana ruang lingkup pekerjaannya terdiri dari ruang kuliah, ruang laboratorium termasuk laboratorium komputer, ruang pimpinan, ruang staf, lift, dan solar panel.

Sedangkan, penyedia jasa pembangunan Gedung UNWAHA Jombang Jawa timur tersebut, adalah PT Duta Kulawangsa Raharja dengan nilai kontrak sebesar Rp.23,7 miliar dengan sistem anggaran multy year contrak 2021 – 2022. Dan konsultan supervisi PT Bentareka Cipta.

Dilain pihak, Denny Kumara KaSatker Prasarana Permukiman Wilayah 1 Jawa timur, Selasa (7/6/2022) mengatakan bahwa, pembangunan Gedung Kampus Universitas Wahab Hasbullah Jombang tersebut, mengusung konsep hemat energi dengan menggunakan energi listrik terbarukan sebagai salah satu sumber energi.

Desain bangunan juga mengoptimalkan pemanfaatan pencahayaan alami dengan bukaan lebar pada sekeliling gedung.

Pembangunan gedung UNHAWA telah diresmikan Bapak Wakil Presiden RI dan bangunan kampus tersebut, susah siap dimanfaatkan.terangnya. (Hadi Martono)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com