Bupati Lebak Ajak Pemuda Ikut Kembangan Geopark Bayah Dome

Lebak,transnews.co.id- Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak menggelar Virtual Meeting dengan tema “Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Geopark Bayah Dome Sebagai Jalan Baru Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan”.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya Pemkab Lebak untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam mewujudkan Geopark bayah dome menjadi geopark nasional sekaligus menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan geopark bayah dome menjadi jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari unsur pelajar tingkat SMA/sederajat, Mahasiswa, serta beberapa organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Lebak baik melalui platform zoom meeting maupun live di aplikasi youtube.

Bupati Lebak Iti Octavia menyampaikan, dalam penyelenggaraan pembangunan Geopark Bayah Dome sangat diperlukan peran pemuda dalam hal pengawasan dan kontrol sosial kebijakan dari Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan,

“Hal ini dikarenakan pemuda memiliki idealisme yang tinggi serta kemampuan yang masih stabil dibandingkan dengan masyarakat usia non produktif,”kata Bupati, dalam sambutannya pada virtual meeting forum diskusi terkait Geopark Bayah Dome, Kamis (15/04/2021).

“Saya mengajak pemuda mari berpartisipasi dan berperan lebih dalam pengembangan Geopark Bayah Dome kedepannya, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban kepada masyarakat,” jelas Bupati.

Kegiatan diisi dengan beberapa narasumber salah satunya Prof. Mega Fatimah Rosana Assessor UNESCO Global Geopark yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik Geologi UNPAD.

Dalam paparannya Mega menjelaskan dengan singkat terkait Geopark Bayah Dome serta beberapa misi Geopark tersebut diantaranya, Melestarikan keragaman geologi, budaya, dan hayati melalui upaya konservasi untuk menjaga keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan.(Up) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com