Dedikasi Ramadhan 1445H, PLN Berhasil Energize IBT Unit 2 GITET 500 kV Bekasi

Bekasi – Usai pergantian Interbus Transformer (IBT), PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung sukses lakukan energize (pemberian tegangan pertama) IBT Unit 2 GITET 500 kV Bekasi, Jawa Barat pada Senin, (25/3/2024).

Kerja sama antara PLN UPT Pulogadung, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Harapan Indah dengan Konsorsium PT Indevco Global dan PT Simbarhol Teknik telah memastikan kelancaran penggantian trafo IBT. Pekerjaan penggantian trafo IBT-2 ini dilaksanakan selama 19 hari (06-25/03/2024).

Penggantian IBT-2 ini merupakan langkah penting untuk memastikan kelancaran operasional jaringan transmisi dan mencegah terjadinya gangguan pasokan listrik ke wilayah yang dilayani oleh gardu induk tersebut.

baca juga :   PLN UIT JBB Berhasil Ganti Kabel Bawah Tanah SKTT 150 kV Gandul-Kemang

“Trafo IBT merupakan komponen krusial dalam sistem transmisi tegangan ekstra tinggi, yang bertanggung jawab untuk mengatur aliran listrik dan menjaga kestabilan jaringan listrik,” kata General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan.

Didik menjelaskan peran Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Bekasi sebagai salah satu Objek Vital Nasional (OBVITNAS) menjadikan kegiatan pemeliharaan ini sangat penting dan harus dijaga bersama, mengingat wilayah Jakarta dan Bekasi yang di suplai oleh gardu induk tersebut merupakan pusat bisnis dan perekonomian.

baca juga :   Semester I Tahun 2023, Program TJSL PLN Bawa 5.425 UMK Naik Kelas

Dengan penggantian IBT tersebut sambung Didik, PLN telah menegaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keamanan dan keandalan sistem penyaluran listrik.

Ia pun menerangkan tim dari seluruh bagian dikerahkan untuk memantau dan mengawasi setiap tahap dari proses penggantian IBT-2 GITET 500 kV Bekasi. Didik juga memastikan bahwa prosedur keselamatan dan kualitas pekerjaan dipatuhi dengan ketat.

Sementara, Manager UPT Pulogadung, Rizal Pahlevi menegaskan PLN terus menjaga komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

baca juga :   Siaga Idul Fitri 1445 H, PLN Sigap Ganti Isolator Flashover SUTT 150kV Saketi - Rangkas

“Langkah-langkah seperti penggantian IBT ini adalah bagian dari upaya terus-menerus dalam memastikan infrastruktur listrik yang andal dan berkualitas,” pungkas Rizal.

Narahubung :
Lulik Purwiranto
Manager Komunikasi & TJSL
PT PLN (Persero) UIT JBB
021-7543566

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *