Desa Segaran Gelar Pasar Budaya

KARAWANG, transnews.co.id, Desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang menggelar Pasar Budaya di situs Candi Jiwa, Minggu (7/11/2021). Masyarakat lokal dan luar Karawang ramai mendatangi acara yang berajuk “melawan lupa” tersebut.

Kades Segaran H.Rusli.SE yang tiga periode menjabat mengatakan bahwa pasar budaya merupakan aset tradisional yang patut dijaga dan dipertahankan sekaligus dilestarikan.

“Pasar Budaya melawan lupa mengingatkan semasa kecilnya, panitia memperlihatkan kepada publik beberapa permainan seperti emprak, das, galasin dan seterusnya.” ujarnya.

baca juga :   Sertifikasi Tanah Pembudidaya Diduga Ada Dusta, Bupati Dan DPRD Karawang Diminta Jangan Tutup Mata

Rusli menamvahkan, begitupun dengan kuliner tradisional ada belasan varian yang disertakan dalam acara tersebut diantarnya gemblong, cucur, ketan, raginang dan seterusnya.

Pasar Budaya juga direspon oleh Mumuh Mauludin dari JAJAKA (Jawara Jaga Kampung Kecamatan Batujaya) saat bersama dengan Nisin Ketua Karang Taruna desa Segaran. Menurutnya Pasar Budaya merupakan marketplace Kemendikbud untuk ruang usaha UMKM, disamping memasarkan produk budaya.

baca juga :   Desa Sabajaya Gelar Festival SEKAR KASABA Ditengah Pandemi Covid-19, Tim Penindak Dipertanyakan Dukungannya

“Ini mengingatkan masa lalu dari pakaian permainan, kuliner, kesenian, alat pertanian, sebagai karya warisan leluhur dan seterusnya.” ungkapnya

Begitupun menurut Nisan Ketua Karang Taruna desa Segaran, Pasar Budaya yang diiringi dengan alunan musik tradisional jaipong dapat memasarkan, memperlihatkan karya- karya dalam warisan budaya, juga merupakan edication buat tahapan seusia anak Paud, SD, SMP, dan SMA.

“Pasar Budaya juga banyak dihadiri para seniman diantaranya JAJAKA, KOMBESI dan padepokan lainnya. anak anak dan dewasa mempertunjukkan seni tradisional pencak silat yang merupakan ilmu beladiri sebagai warisan budaya” tandasnya. YSP

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com