DEPOK  

Dinas PUPR dan Kodim Depok Lakukan Pembersihan Kali

DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok bekerjasama dengan Kodim 0508/Depok melakukan pembersihan Kali Cabang Barat dan Kali Cabang Tengah di Kelurahan Grogol, Limo, Kota Depok, Sabtu (14/4/2018).

Pembersihan yang dilakukan dalam rangka normalisasi saluran, baik kali maupun irigasi.

Citra Indah selaku kepala bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok mengatakan, bahwa pembersihan ini perlu dilakukan guna mengantisipasi banjir.

“Kami mengerahkan 70 personel Satgas SDA dan dibantu 50 personel TNI dari Kodim Depok untuk melakukan normalisasi kali dan irigasi,” kata Citra.

Dijelaskannya, selain pencegahan banjir, pembersihan dilakukan guna mencegah terjadinya penumpukan lumpur, sehingga terjadi pendangkalan saluran.

“Kalau ini terjadi, nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan, sehingga akan merugikan para petani,” jelas Citra.

Kedepan, ia berharap, normalisasi yang dilakukan hingga Jumat (20/4) mendatang, dapat menyadarkan masyarakat terhadap okesistem kali dan irigasi.

“Semoga aksi ini dapat menyadarkan masyarakat, agar lebih peduli terhadap kebersiahan kali dan irigasi,” pungkasnya.

Senada, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto menambahkan, pembersihan kali dan irigasi itu dilakukan untuk menunjang kelancaran air.

Menurutnya, masyarakat yang tinggal disekitar kali dan saluran irigasi, harus memupuk rasa kepedulian terhadap lingkungan.

“Komitmen untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga saluran air di kota Depok menjadi bersih,” kata Dandim.

Dandim berharap, setelah kali dan saluran irigasi dibersihkan, tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan.

“Mari kita menjaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya,” pungkas Dandim.

Pantaua dilokasi, selain melakukan aksi bersih-bersih, DPUPR dan Kodim 0508, juga melakukan penanaman pohon disepanjang saluran irigasi Kali Cabang Tengah. (R. Boy)

 305 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.