Dukung Kemandirian Ekonomi Pekerja Wanita, Srikandi Turut Andil Serahkan Bantuan PLN Peduli

Reporter: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

127 seconds reading this post

Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) bersama dengan Srikandi PLN memberikan bantuan berupa mesin produksi kaos kaki digital dan beberapa paket pelatihan usaha kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mandiri Sejahtera. Kampung Mandiri Sejahtera merupakan suatu wilayah yang terdiri dari 3 Rukun Warga (RW) di Desa Sindang Sari, Pasar Kemis, Tangerang.

Bantuan mesin produksi itu merupakan upaya untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. Bantuan juga merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

Di wilayah tersebut terdapat UMKM yang bergerak di bidang usaha kaos kaki dan sepatu yang 90 persen pekerjanya adalah kaum perempuan yang terdiri dari kaum ibu, remaja dan para janda yang kurang mampu.

BACA JUGA :  Dukung Timnas Indonesia U-23, PLN UIT JBB Optimis Garuda Tembus Piala Dunia¬†

Pengusaha kaos kaki yang biasa disapa Makno, menceritakan pengalamannya ketika pertama kali membuka usaha kaos kaki bersama istrinya di rumah.

Berawal dari keprihatinan akan ekonomi masyarakat ketika terjadi pandemi covid-19, Makno melihat peluang bisnis untuk membantu masyarakat sekitar yang kehilangan mata pencahariannya.

“Adanya pembatasan kegiatan diluar rumah selama pandemi yang membuat saya merasa harus membantu ekonomi masyarakat, meski dari dalam rumah. Itulah yang mendasari adanya usaha rumahan kaos kaki ini,” kata Makno.

Dengan dimulai usaha itu, Makno mengajak kaum ibu dan kebanyakan janda sekitar untuk ikut bekerja demi meningkatkan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dijelaskan Makno, sebelumnya usaha itu hanya sendiri, sekarang menjadi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dipimpin oleh Andi Sugandi sebagai Ketua.

BACA JUGA :  Peringati Bulan K3 Nasional, PLN UIT JBB Gelar Apel K3

“Terimakasih atas bantuan PLN lkepada kami. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan usaha, sehingga bisa meningkatkan ekonomi di wilayah kami,” tuturnya.

General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan mengatakan bantuan berupa mesin produksi tersebut menjadi komitmen PLN mendukung program pemerintah dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk UMKM yang digawangi perempuan.

Didik berharap pelaku usaha bisa lebih meningkatkan produksi usahanya, sehingga mampu memberdayakan lebih banyak masyarakat lainnya.

“Melalui perannya dalam pengarusutamaan gender, Srikandi PLN peduli kepada UMKM agar lebih meningkatkan kemandirian ekonomi kaum perempuan dalam menjalankan bisnis sehingga menjadikan pilar ekonomi Indonesia semakin kuat,” pungkasnya.

Srikandi PLN UIT JBB, Nenny Marhayani mengatakan hal yang sama. Bantuan itu dia sebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kemandirian, khususnya kaum perempuan.

BACA JUGA :  Pasokan Listrik Jakarta Semakin Andal, PLN Sukses Energize SKTT 150kV Gandul-Kemang

“Kemandirian ekonomi kaum wanita yang menjadi tulang punggung keluarga menjadi inspirasi kami, Srikandi PLN untuk ikut dalam bagian program pemberdayaan perempuan melalui UMKM,” ujar Nenny.

Penyerahan bantuan ini dilakukan dalam acara resmi yang dihadiri oleh Manager PLN UPT Durikosambi, Taufiq Fahrudin dan jajarannya, Camat Pasar Kemis, Nurhanudin, Lurah Sindangsari M Tamim, Bhabinkamtibnas Bripka Abdul Mujizat, Babinsa Serda Romidi, perwakilan UMKM, anggota masyarakat dan srikandi PLN UIT JBB.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *