Dukung Kesuksesan Presidensi G20, PLN Remajakan Infrastruktur Kelistrikan dengan Investasi Rp 45 Miliar

Jakarta, Transnews.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan peremajaan pada beberapa material transmisi utama (MTU) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik dan mendukung pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia. Kegiatan tersebut membutuhkan investasi Rp 45 miliar.

General Manager PLN UIT JBB, Erwin Ansori mengatakan, PLN telah berhasil melakukan pemberian tegangan _(energize)_ trafo dengan kapasitas 60 MVA pada _Gas Insulated Switchgear_ (GIS) 150 KV Ketapang, yang berlokasi di Jakarta Pusat. Trafo senilai Rp 15 miliar tersebut menggantikan trafo lama yang sudah berusia lebih dari 40 tahun.

“GIS Ketapang merupakan salah satu _backbone_ sistem kelistrikan Jakarta, memasok langsung daerah ring satu istana negara, selain itu juga memasok beberapa perkantoran, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan yang ada di sekitarnya,” kata Erwin.

baca juga :   PLN Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Kalteng

Menurut Erwin, dalam waktu dekat juga akan dilakukan penggantian untuk 2 trafo lainnya dengan kapasitas yang sama, sehingga total nilai investasi yang dikeluarkan PLN untuk penggantian trafo ini kurang lebih Rp 45 miliar.

baca juga :   PLN Donasikan Bantuan Penyambungan Listik Hingga Rp4,3 Miliar

Pekerjaan ini telah dimulai pada 22 Februari dan selesai pada 25 Maret 2022, terhitung sejak proses transportasi pengangkutan trafo sampai ke lokasi pemasangan.

“Petugas PLN telah bekerja dengan maksimal mengupayakan proses pemindahan dan pemasangan trafo dengan berat lebih dari 100 ton ini, seperti saat proses pengiriman trafo, pekerjaan ini harus dilakukan dari tengah malam hingga dini hari untuk menghindari kepadatan lalu lintas membelah jalanan Jakarta,” tuturnya.

Dengan adanya peremajaan pada sejumlah infrastruktur ini, akan meningkatkan keandalan pasokan listrik sampai ke pelanggan. Selain untuk menghadapi _event_ internasional juga untuk memenuhi tuntutan layanan _Zero Down Time_ (ZDT) di wilayah Ibu Kota Jakarta.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com