Gubernur Jawa Timur Hadiri Selamatan Desa Kirab Budaya Larung Sesaji Petik Laut di Desa Puger Wetan

  • Bagikan

JEMBER, transnews.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang di wakili oleh (Bakorwil) Badan Kordinasi Wilayah Jatim hadir dalam selamatan Desa Kirab Budaya Larung sesaji Petik Laut di Desa Puger wetan pada Senin (15/8/2022).

Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawansa dalam surat tertulis yang di sampaikan oleh.Bakorwil Jawa timur menyampaikan.Asalamualaikum WWB Yang kami hormati Bupati Jember Ir H.Hendy Siswanto.ST.lPU.Muspika Kecamatan Puger Kepala desa Puger wetan dan parah tokoh seniman budayawan masyarakat hadirin undangan semua yang saya hormati.

Pada acara selamatan desa dan petik laut ini perkenankan saya mengajak hadirin sekalian untuk sejenak bersukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta,ala Tuhan yang maha kuasa karena atas rahmat dan ridho nya kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini tentunya dalam keadaan sehat.

Saya merasa bangga pada hari ini karena meskipun pandemi Covid 19 telah memberikan dampak pada tranformasi dan kotraksi tata nilai di semua bidang Ekonomi,sosial dan budaya namun disini saya masih dapat melihat Eksitensi kearifan lokal masyarakat Jawa Timur melalui kegiatan Selamatan Desa Dan Budaya Upacara Larung Sesaji Petik Laut, ungkapnya.

Lebih lanjut Bakorwil menambahkan. Hal ini menunjukan bawah masyarakat senantiasa mendapatkan toleransi kebersamaan dan dengan semangat gotong royong berpartisipasi dalam aktivitas budaya yang merupakan modal besar membangun jati diri Bangsa dengan kebudayaan cerminan dari perilaku kehidupan sehingga bersifat dinamis seiring perubahan jaman maka dari itu pengelolaan kebudayaan merupakan sebuah urgensi.

Dan kita telah mempunyai memiliki payung hukum yakni undang undang nomor 5 tahun 2027 tentang kemajuan kebudayaan disebutkan bawah terdapat 10 Objek pemajuan kebudayan yang terdiri dari tradisi lisan manuskrip,adat istiadat ritus pengetahuan tradisional,tekno logi tradisional, seni bahasa,permainan rakyat dan sertah olah raga bersama rakyat.

Kita bersama sama melindungi dan memanfaatkan secara optimal kebudayan untuk mendukung pembangunan Nasional mari kita menciptakan SDM unggul untuk Indonesia maju dengan pelayanan Jatim senter: cepat,ekfektif,efisien tanggap transparan akuntabel dan responsif, tuturnya.

Lebih mendalam dalam sambutanya juga menyampaikan. Semoga Tuhan senantiasa membimbing kita untuk menggapai hari esok yang lebih baik dan Jawa Timur yang lebih makmur ,berkarakter dan beraklak mulia, jelasnya

Hadir dalam kirab budaya selamatan Desa larung sesaji petik laut Desa Puger wetan, tuturnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah lndra Parawansa yang di wakili oleh Bakorwil Jawa timur Kejari Kabupaten Jember Muspika Drs.Yahya Wardayat Msi,sebagai camat Puger Kapolsek Puger AKP. Eko Basuki Agrowibowo.SH. Danramil. Kapten Ifantri Asno. Prayogo Setiawan.A.Md.Letda Laut (E) Brp.23379/P. Kepala Desa Puger wetan H.lnwanulloh pilar desa Bhabinkamtibmas,Bhabinsa juga tokoh tokoh masyarakat Desa.dan semua OPD seluru Desa puger wetan. (Irfak)

 299 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan