Hari Santri Di RB HMA, Bersama Ratusan Alumni Mesir

TN.BOGOR l — Villa Putih Rumah Budaya HMA – Megamendung Bogor, menjadi tempat untuk Memperingati Hari Santri Nasional 2022 oleh ratusan alumni Mesir pada Sabtu (22/10/2022).

Munawir Anwar sebagai owner RB HMA dan juga sponsor tunggal dari giat tersebut merasa bersyukur atas silaturahmi alumni Mesir tahun 70-80an ini, apa lagi giat tersebut diadakan pas Hari Santri.

“Ini sebuah keberkahan buat kami RB HMA yang dapat menjadi tuan rumah dari giat tersebut,” ungkap Munawir Anwar.

Sementara Ketua Alumni Mahasiswa Mesir Prof Dr Syihabuddin Qalyubi Lc M Ag menjelaskan, peran santri dalam memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah sangat besar sehingga kedudukan santri di Tanah Air harus jadi perhatian.

“Santri harus lebih melihat adanya perbedaan di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Selain moderasi, santri juga harus menjunjung adab serta nilai-nilai kebaikan, para santri juga dituntut untuk terus menegakkan etika. Sebagai santri belajar yang baik, kemudian perhatikan etika sebagai santri. Sudah barang tentu, santri itu kan beda sikapnya dengan anak-anak sekolah. Bagaimana hormatnya kepada guru, dan ilmu pengetahuan,” ucap Prof Syihabuddin kepada wartawan di Vila Putih HMA yang juga sekaligus Rumah Budaya HMA di kawasan Mega Mendung, Kabupaten Bogor.

Para alumni Mesir diantaranya dengan Pengusaha Munawir Anwar dan penggagas/pemersatu alumni Mesir kiyai yang lebih suka di panggil Kang Jaja.

Lebih jauh Prof Syihabuddin mengatakan, pendidikan di Indonesia, termasuk pendidikan Islam di Tanah Air harus bisa lebih maju pada masa kin.

“Seperti diketahui cukup banyak alumni Mesir yang terjun dalam bidang pendidikan setelah selesai kuliah di Mesir,” kata Syahbuddin lagi.

Sementara Munawir Anwar yang juga salah sayu alumni mesir namun berprofesi sebagai pengusaha dan didaulat menjadi sponsor utama ini, pada kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sudah dua kali dan merupakan pertemuan alumni Mesir setelah tidak pernah berjumpa lagi sekitar 40 tahun.

Munawir yang  pengusaha nasional menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah temu kangen tanpa dicampuri kegiatan politik.

“Kedepannya alumni Mesir mempunyai banyak program yang tentunya menitik beratkan pada dunia pendidikan dan sosial,” katanya mengakhiri.*** (Dim)

 

 140 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.