Inovasi VENOM Raih Penghargaan Gold Medal dan Special Awards di China (Shanghai) International Exhibition of Invention

Reporter: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

112 seconds reading this post

Jakarta – PT PLN (Persero) kembali mencatat prestasi gemilang di dunia internasional melalui karya inovasi dalam ajang The 7th China (Shanghai) International Exhibition of Invention. Karya inovasi PLN yang mendapatkan apresiasi dalam forum tersebut adalah VENOM (Verticality Online Monitoring System).

Forum yang diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok ini digelar pada 12 hingga 14 Juni 2024. The 7th China (Shanghai) International Exhibition of Invention merupakan salah satu ajang bergengsi bagi para penemu untuk memamerkan penelitian, serta menunjukkan hasil temuannya.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB), Didik Fauzi Dakhlan mengatakan raihan medali emas dalam ajang bergengsi tersebut merupakan wujud nyata PLN sebagai perusahaan ketenagalistrikan di Indonesia yang selalu mengedepankan inovasi dan digitalisasi untuk menghadirkan listrik yang andal bagi pelanggan.

BACA JUGA :  PLN UIT JBB Terus Dorong Pemberdayaan Perempuan dalam Pengarusutamaan Gender

“Keberhasilan inovasi VENOM dalam ajang internasional ini mempertegas PLN sebagai perusahaan listrik yang tidak hanya andal dalam menyediakan pasokan listrik namun juga memiliki SDM berdaya inovasi tinggi,” katanya.

Dijelaskan Didik, VENOM berfungsi untuk memonitor kemiringan tower secara real time yang dilengkapi dengan early warning system. Artinya, apabila kemiringan tower transmisi melebihi batas sudut yang ditentukan, VENOM akan memberikan peringatan dini berupa notifikasi melalui pesan singkat sehingga dengan cepat langsung dilakukan mitigasi lebih lanjut.

“Inovasi VENOM telah diimplementasikan sejak tahun 2021. Keunggulannya dapat berfungsi sebagai deteksi dini, sehingga mitigasi lebih cepat dilakukan,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN UIT JBB Olah 2,33 Ton Sampah Jadi Hasil Karya Bernilai Ekonomis

VENOM merupakan hasil karya dari inovator PLN yaitu Ary Gemayel, Dhany Irvandy dan Lucky Prabowo. Tim VENOM berhasil mendapatkan juara pada Seleksi Karya Inovasi Tingkat PLN UIT JBB Tahun 2023 Bidang Transmisi dan akan maju ke tingkat regional pada Seleksi Penghargaan Karya Inovasi Tahun 2024.

Sebelumnya, Tim VENOM juga meraih The Best Presenter pada ajang The 10th International Conference On Automation, Robotics and Applications (ICARA) yang merupakan Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh IEEE pada Februari 2024 di Athena, Yunani.

Manager Unit Pelaksana Transmisi Pulogadung, Rizal Pahlevi, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian yang diraih pihaknya.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Medali emas di ajang internasional seperti China (Shanghai) International Exhibition of Invention adalah wujud pembuktian atas kerja keras dan dedikasi tim dalam menciptakan solusi teknologi yang inovatif dan berkelanjutan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jaga Stabilitas Pasokan Listrik, PLN Lakukan Pemeliharaan Trafo GI Plumpang

Ia tegaskan PLN berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi yang mendukung keberlanjutan energi. Harapannya, prestasi tersebut dapat menjadi motivasi bagi seluruh tim untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan teknologi dan kesejahteraan masyarakat.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *