Jelang Idul Adha: Disnak Sukabumi Beri Bimtek DKM

  • Bagikan

Jelang Idul Adha:
Disnak Sukabumi Beri Bimtek DKM
Sukabumi,TransNews-Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Supratikno disela sela kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyembelihan hewan kurban kepada para Dewan Kemakmuran Mesjid di salah hotel di Cikukulu, Sukabumi Jawa Barat Jum`at (10/8). menjelaskan, hewan kurban tak cuma harus memenuhi syarat syariah dan sehat saja. Kesejahteraan hewannya pun, perlu diperhatikan. “Cara penanganan perlu diperhatikan, supaya dia terpenuhi kesejahteraan hewannya. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti tidak menyiksa, dan lain sebagainya,” paparnya.
Dia menambahkan, setelah ditangani dengan berdasarkan prinsip kesejahteraan hewan, proses penyembelihannya harus memenuhi persyaratan halal. Seperti memotong menggunakan pisau tajam pada tiga saluran yakni, saluran makanan, saluran napas dan pembuluh darah. “ Pokoknya usai dipotong, daging kurban harus ditangani secara higienis,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pengolahan dan Pemasaran Hasil (K2P2 HP) Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Winda Sri Rahayu, dalam kesempatan itu memaparkan, Bimtek tersebut, diikuti puluhan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se Kabupaten Sukabumi. Hal itu, dilakukan agar para DKM ini dapat melakukan penyembelihan hewan kurban dengan memiliki nilai aman, sehat, utuh, dan halal (Asuh). Pelatihan ini juga untuk penyebaran informasi di tengah terbatasnya jumlah petugas pemantauan. “Harapan kami, para pengurus DKM ini bisa menularkan, dan sosialisasi kepada yang lain, di lingkungannya masing-masing,” ujarnya. (Nas/Chryst)

 241 views

  • Bagikan

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.