Jokowi Resmikan Tol Cinere-Pamulang-Raya Bogor

DEPOK, transnews.co.id – Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Jalan Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gate Tol Limo Utama Depok, Jawa Barat. Peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mendag Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Senin (8/01/2024).

Ruas tol ini menjadi bagian integral dari sistem jalan tol Jabodetabek yang memberikan kontribusi signifikan dalam melayani arus mudik dan balik selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Total investasinya mencapai Rp. 4 triliun, jalan tol ini memiliki panjang sekitar 14,8 km, sehingga bisa memberikan tambahan keberlanjutan pada jaringan struktur tol di wilayah Jabodetabek.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan rasa syukur, “Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 km dengan total investasi Rp 4 triliun. Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, ada lingkar dalam, ada JORR 1, JORR 2, dan jalan tol yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2,” ujarnya.

baca juga :   Forkompimda Jatim Dampingi Presiden RI Ground Breaking Pembangunan Smelter PT.Freeport Indonesia

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek ini oleh Kementerian PUPR dalam waktu dekat dengan target penyelesaian pada kuartal II. “Beberapa kilometer lagi akan bisa diselesaikan di kuartal kedua tahun ini, sehingga pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Cibubur-Bogor-Tangerang, untuk masuk ke Soetta tanpa harus melewati pusat kota,” ujar Jokowi lagi.

baca juga :   Bertolak ke Jawa Timur, Presiden Akan Resmikan Bendungan Tugu dan Gongseng
Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto
Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan turut hadir mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto.

Sementara itu Indra Gunawan mengungkapkan progres pembebasan lahan untuk proyek ini mencapai 4.338 bidang dengan luas 144,3100 hektare yang sudah terealisasi hingga Desember 2023 sebanyak 4.279 bidang atau 98,63 persen dari target.

“Progres yang cukup menggembirakan, dengan sisa bidang tanah yang belum dibebaskan di Kecamatan Limo berupa 59 bidang jalur lingkar tambahan/loop dan 3 bidang dalam ROW. Termasuk validasi, musyawarah, penilaian, dan konsinyasi,” ujar Indra.

baca juga :   Presiden Minta Libur Natal dan Tahun Baru Tak Sebabkan Kenaikan Kasus COVID-19

“Untuk validasi ada 33 bidang, pada tahap musyawarah 25 bidang sementara tahap penilaian 3 bidang. Nah untuk tahap konsinyasi ada satu bidang,” lanjutnya.

Presiden Jokowi berharap adanya jalan tol ini dapat memberikan lebih banyak alternatif bagi masyarakat, meningkatkan mobilitas, mengurangi kemacetan, serta memperlancar mobilitas orang serta barang.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com