Kawal Arus Mudik Lebaran, Polri Terjunkan 166 Ribu Personel

Jakarta, Transnews.co.id – Polri menerjunkan ratusan ribu personel mengkawal jalannya arus mudik lebaran tahun 2022. Jajaran kepolisian mulai dari Mabes Polri hingga Polda bakal disiagakan kala mudik lebaran tiba.

“166.743 (personel) Mabes, Polda dan instansi terkait lainnya,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Rabu (13/4/2022).

Namun begitu, Kombes Pol Eddy Djunaedi belum memerinci secara jelas sistem pengawalan yang akan diterapkan oleh kepolisian. Dia berkata, keterangan lengkap akan disampaikan lebih lanjut.

baca juga :   TNI Kerahkan 12 Ribu Prajurit untuk Pengamanan KTT ASEAN

“Nanti ya. Saya mau rapat,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah langkah disiapkan polisi dalam mengantisipasi kemacetan mudik Lebaran 2022 nanti. Polisi memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April.

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30, sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8,” kata Kombes Pol Eddy Djunaedi, Jumat (8/4/2022).

Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan ada beberapa titik wilayah yang dapat berpotensi terjadi kemacetan. Di antaranya jalur arteri hingga tempat wisata.

baca juga :   Urai Kepadatan, Ruas Tol Jagorawi Diberlakukan Contraflow

“Titik-titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri/nasional, tol dan wisata, namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” terangnya.

Sementara, polisi bakal melakukan upaya buka tutup serta contra flow pada arus tol. Hal itu guna menghindari penumpukan pada rest area maupun pada jalur tol.

baca juga :   Kasus Pembunuhan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka

“Untuk rest area kita siapkan CB (cara bertindak) buka tutup dan contra flow,” ungkapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com