Kelurahan Ps Manggis Jaksel, Siapkan Stok Pangan Bagi Warga Isman Covid-19

Jakarta, TransNews.co.id-Kelurahan Pasar Manggis Jakarta Selatan terus melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di RW 07, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (19/2/2021).

Kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 dilakukan bersama TNI, Polri, FKDM, LMK, RT dan RW, serta instasi terkait.

Lurah Pasar manggis, Purwati mengatakan, pada PKKM Skala Mikro di RW 07, petugas secara rutin memberikan sosialisasi kepada warga, mengenai pentingnya menggunakan masker, demi mencegah penularan Covid-19. Kemudian penyemprotan disinfektan juga dilakukan.

“Yang tak kalah penting selalu mengecek lumbung pangan, memastikan pangan selalu tersedia untuk warga yang sedang isolasi mandiri (Isman) ,”kata Purwati.

Selain itu, tambah Purwati, Kelurahan Pasar Manggis bersama Gugus Tugas RW 07 rutin melakukan monitoring untuk mengantisipasi mobilitas warga, sehingga tidak terjadi kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang.

Purwati menambahkan, ketika ada warga yang terpapar Covid-19, Kelurahan Pasar Manggis bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kelurahan Pasar Manggis, melakukan tracing.

“Setelah itu, pasien kami rujuk ke rumah sakit atau Wisma Atlet, dan apabila warga yang terpapar itu isolasi mandiri, kita akan berikan bantuan berupa paket sembako untuk mereka isolasi,” tuturnya.

Sementara Ketua RW 07, Kelurahan Pasar Manggis, Fendri mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, RW 07 telah beberapa kali melakukan lockdown, yaitu awal April sampai akhir Mei, dan awal Agustus sampai akhir September 2020.

“Untuk semua pintu gerbang kami tutup, akses masuk cuma kita buka satu pintu. Untuk pedagang, pengamen dan lain-lain tidak bisa masuk selain warga. Untuk sekarang pintu gerbang sudah kami buka, tapi kita lakukan pembatasan dari jam setengah 6 pagi sampai jam 9 malam dengan penjagaan,” jelasnya.

Fendri menerangkan, untuk memastikan kondisi warga RW 07 bebas dari Covid-19, sudah 111 warga mengikuti test swab.

“Semoga setelah dilaksanakannya PPKM Skala Mikro, tidak ada lagi warga yang terpapar Covid-19,”harapnya. (*) Editor:Nas

 353 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X