Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Pungli di Tempat Wisata Diberantas

Bogor – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyoroti kian maraknya kegiatan pungli atau pungutan liar di kawasan wisata. Ia menilai hal tersebut adalah racun bagi masyarakat dan perlu diusut tuntas.

“Jangan sampai pungli dibiarkan saja mengganggu pariwisata. Perlu ada tindakan tegas terhadap para pelaku pungli, harus diberantas itu,” kata Rudy, dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Bacaan Lainnya
baca juga :  Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Siaga dan Waspada

Jangan sampai, lanjutnya, masyarakat enggan ke lokasi wisata karena maraknya pungli. Hal tersebut bisa merugikan masyarakat dan pemerintah setempat karena kehilangan pendapatan asli daerah (PAD).

“Wisata menjadi salah satu tulang punggung ekonomi masyarakat. Sehingga jangan sampai masyarakat enggan berkunjung karena maraknya pungli,” tuturnya.

Rudy menambahkan, pungli biasanya marak dalam berbagai bentuk. Bahkan terkadang, ada yang melakukannya dengan paksa sehingga membuat wisatawan enggan berkunjung kembali.

baca juga :  Ajak Dengarkan Pidato Kenegaraan Jokowi, Rudy Susmanto: Ojol Juga Pahlawan Bangsa

“Tentu perlu ada penindakan untuk tindakan tersebut. Apalagi saat ini, informasi bisa cepat menyebar. Sangat mudah menyebarkan informasi tentang keluhan wisatawan tersebut,” jelasnya.

Untuk di Kabupaten Bogor, Rudy meminta pemerintah daerah hingga tingkat desa lebih peduli terkait perilaku pungli. Sebab, Kabupaten Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *