Kolaborasi dengan Dispora dan PBSI, Unmuh Jember Sukses Gelar Kompetisi Bulu Tangkis

  • Bagikan

JEMBER, transnews.co.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis, Universitas Muhammadiyah Jember, sukses menggelar kompetisi bulu tangkis tingkat SMA/SMK se-Besuki Raya.

Turnamen yang bertajuk “Unmuh Jember Competition 2022” ini diikuti klub-klub bulu tangkis dari sejumlah sekolah di Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Probolinggo.

Kegiatan yang didukung Dispora Pemkab, PBSI Jember itu, Bank Syariah Indonesia (BSI) Jember, digelar di PB Indoraya Sukorambi Jember, 28-31 Agustus 2022.

Menurut Ketua Umum UKM Bulu Tangkis Unmuh Jember, Billy Fatechan, kegiatan turnamen ini diselenggarakan untuk membantu pengembangan bakat dan minat olahraga anak muda, khususnya di cabang olahraga bulu tangkis.

“Sebenarnya, agenda ini akan kami gelar tahun 2021 lalu. Namun karena situasinya masih pandemi Covid, maka baru terlaksana tahun ini. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Billy.

Dijelaskannya, kompetisi seperti ini sangat dibutuhkan generasi muda, untuk mengembangkan bikat dan minatnya dalam kegiatan olahraga. “Kegiatan ini juga, mampu mengembangkan kepercayaan diri para atlet muda yang masih duduk di bangku sekolah,” jelasnya.

Sementara, Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan) Unmuh Jember, H. Syamsul Hadi, SP, MP, pada wartawan menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi terhadap pembangunan bidang olahraga.

“Ini bagian dari wujud kolaborasi perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Jember dengan pemerintah, khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), PBSI Jember, dan stakeholder lainnya,” ujar Syamsul.

Selain UKM BuluTangkis, menurut Syamsul Hadi, lembaganya juga membina UKM berbagai cabang olahraga lainnya, seperti Sepak Bola, Silat Tapak Suci, Karate, Basket, Bola Volly, Panjat Tebing, Pecinta Alam, dan beberapa cabang olahraga lainnya.

Kedepan, kata Warek III Unmuh Jember, lembaganya akan menggelar even turnamen untuk berbagai cabang olahraga lainnya. Para juara selain mendapat tropy, sertifikat, juga memperoleh dana pembinaan dari Unmuh Jember.

“Kami juga selalu mengirim atlet kami untuk mengikuti kejuaraan olahraga di tingkat regional maupun nasional. Tim Sepak Bola Unmuh Jember, beberapa bulan lalu juga menjadi juara tingkat nasional di Yogyakarta,” imbuhnya.

Hasil Kejuaraan sebagai berikut:

Tunggal Putra:

Juara 1 : Hasan Riski Ananda dari SMKN 1 Banyuwangi

Juara 2 : M. Nazril Hikmal dari SMKM 8 Siliragung

Juara 3 : Ahmad Irandi Widya dari SMAN Kalisat – Jember.

 

Tunggal Putri:

Juara 1 : Abkarin Fauziyah dari SMAN 1 Jember

Juara 2 : Adefia Ivanca Putri dari SMAN 1 Genteng Banyuwangi

Juara 3 : Riska Cahya Rendra Puspita MAN 2 Kota Probolinggo

 

Ganda Putra:

Juara 1 : Abdullah Said Hamzah/Ahmad Murtado dari MAN 2 Jember

Juara 2 : Daffa Annastaqin Rafly/Bintang Fajrin SMAN 2 Tanggul

Juara 3 : Labib Abdulah/ Muhammad Irfan Akbar dari MAN 2 Kota Probolinggo. (lrfak)

 75 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan