Kujang Nusantara Melakukan Kirab Budaya

TN. Sukabumi – Komunitas budaya Kujang Nusantara, melakukan kegiatan Kirab Budaya Nusantara 2018 di daerah Parakan Salak, Sukabumi – Jawa Barat (22/12/18).

Acara yang dihadiri oleh berbagai komunitas budaya dari berbagai daerah itu bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahim antar pelaku budaya. Hal itu diungkapkan Eyang Prabu KSA 99 selaku penggagas acara yang mengedepankan budaya nusantara agar tetap lestari.

“Kami ingin identitas bangsa kita yang sangat adiluhung ini akan tetap terawat dan terjaga. Dan sebagai pemangku budaya, kita wajib menjaga dan melestarikannya” ungkap Eyang Prabu dalam bincag-bincangnya di acara tersebut.

Lebih jauh Eyang Prabu menjelaskan, bahwa hanya jiwa-jiwa yang terpanggil untuk melestarikan dan menjaga budaya nenek moyang inilah yang dapat menghadiri acara yang berlokasi di puncak munara jagad tersebut. Tidak kurang dari 300 orang peserta turun andil dalam acara.

Kesatria Kujang Nusantara

Latief Al-Batawi selaku Panglima Kesatria Kujang Nusantara sekaligus panitia pelaksana menambahkan, bahwa acara tersebut dihadiri dari rekan budaya Sumatera, Jawa, Bali, dan daerah-daerah lainnya.

“Acara berlangsung dari 21-22 desember. Adapun acaranya pentas seni, diskusi budaya, dan juga renungan bersama di puncak gunung Munara Jagad,” jelas Latief.

Lebih jauh Latief menjelaskan pada saat renungan budaya, ketika matahari terbit, muncul juga bulan yang sebelumnya tak nampak.

“Inilah keberkahan alam yang meridhoi berkumpulnya kami dalam hajatan silaturahmi para pemangku adat,” jelas Latief.

Dalam acara tersebutnya ada launching buku karya Putra Gara yang berjudul Nusantara Ras Segala Bangsa.*** (Bening/Ft. Ist)

Peserta Kirab Budaya Nusantara 2018

 983 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.