Masyarakat Nelayan Minta Bupati Segera Tertibkan Tambak Liar

Jember, transnsnews.co.id – Masyarakat Nelayan Desa Kepanjen Kecamatan Gemukmas merasa resah dan sangat terganggu dengan semakin banyaknya pembutan tambak baru di sepanjang pesisir Pantai Selatan di Desa mereka.

“Karena bangunan tambak-tambak yang baru tersebut menggunakan sepadan pantai, bahkan ada yang mepet hingga hanya beberapa meter saja dari bibir pantai, sehingga tempat sadar perahu milik nelayan semakin sulit,dan sempit” ujar Suparno, perwakilan masyarakat nelayan, Jumat (10/6/2022)

Menurutnya, selain menyulitkan mata pencarian dengan semakin banyakya tambak kami juga sekarang kesulitan untuk tempat sandar perahu nelayan. “bukan itu saja, ada lagi yang meresakan separti dengan adanya kincir yang dipergunakan tambak moderen juga dampaknya bisa merusak tanaman petani yang kebetulan posisinya tidak jauh dari tambak” ungkap Suparno.

Baca Juga :   Gubernur Jawa Timur Serahkan Bantuan Kepada Bupati Jember untuk Korban Bencana Gempa

Suparno menjelaskan, dikarenakn air yang muncrat dari kincir dan terbawa oleh tiupan angin lansung mengenai tanaman para petani yang letaknya tidak jau dari tambak dan ini menyebabkan tanaman tidak bisa hidup dengan normal karena air yang mencrat di bawah angin ini mengandung air garam.

Baca Juga :   Belasan Relawan PMI Jember di Terjunkan Lagi untuk Membantu Korban Erupsi Semeru

Untuk itu dirinya berharap Bupati tegas untuk melakukan penertiban terhadap tambak yang melanggar peraturan dan kuat dugaan tidak mengantongi ijin,

“Pak Bupati atau Pemda harus tegas , jangan melakukan pembiaran sehingga merugikan nelayan, terutama tambak modern yang mengatasnamakan tambak rakyat” tegasnya. IRFAK

Baca Juga :   Desa Karangrejo Salurkan BLT-DD Kepada 99 KPM Serta 16 Penerima Secara Door To Door

 297 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.