Melalui MPLS, Kenalkan PMR kepada Siswa Baru SMA Muhammadiyah 3 Jember

JEMBER, transnews.co.id – Anggota PMR WIRA BAGASKARA PMI Unit SMA Muhammadiyah 3 Jember gelar sosialisasi ekstrakurikuler PMR di depan ratusan siswa baru. Siswa baru dikenalkan tentang kepalangmerahan dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Muhammadiyah 3 Jember, Rabu, (20/7/2022)

PMR merupakan perhimpunan atau organisasi relawan PMI tingkat remaja yang bergerak dibidang kesehatan dan sosial. Sosialisasi dilakukan di hadapan ratusan siswa baru SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan ekskul PMR kepada siswa baru SMA Muhammadiyah 3 Jember sekaligus perekrutan calon anggota baru.

Anggota PMR WIRA “BAGASKARA” SMA Muhammadiyah 3 Jember melakukan sosialisasi dengan konsep penanganan pertolongan pertama pada saat terjadi insiden kebarakan di lingkup sekolah. Dalam sosialisasinya di tunjukkan anggota PMR melakukan penanganan pertolongan pertama dengan kasus patah tulang, luka bakar, gangguan nafas, dan juga bagaimana penggunaan APHAR untuk memadamkan api.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan ekskul PMR setiap tahun guna menyosialisasikan PMR kepada siswa baru sebagai bentuk peran relawan PMI dalam menyebarluaskan informasi tentang PMI” ujar pembina ekskul PMR BSD Suhartono S. Pd.

“Kami mengambil konsep pertolongan pertama saat terjadi kebakaran karena di ekskul PMR kami sempat mengadakan pelatihan terkait dengan pemadaman api. Selain itu, kami ingin mensosialisasikan bahwa PMR merupakan bagian dari organisasi besar kemanusiaan Palang Merah Indonesia dimana kami dibekali dengan ilmu medis dasar dan ilmu pertolongan pertama” Ujar Belia Nayana Keysya selaku ketua ekskul PMR.

“anggota PMR WIRA BAGASKARA PMI Unit SMA Muhammadiyah 3 Jember ini hampir selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah sebagai tim kesehatan, jadi anggota PMR harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam ilmu pertolongan pertama, hal ini juga di dukung oleh sekolah dengan pemenuhan beberapa alat medis dasar contohnya tabung oksigen, tensi meter, dan seperangkat alat Pertolongan Pertama” Imbuh pembina ekskul PMR BSD Suhartono S. Pd. (Irfak)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com