Mendag RI Groundbreaking Revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo 

Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto mendampingi Menteri Perdagangan Dr Zulkifli Hasan saat peletakan batu pertama pembangunan Pasar Cheng Hoo, Pandaan Pasuruan, Jawa timur. Rabu 31/1/2024)
Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto mendampingi Menteri Perdagangan Dr Zulkifli Hasan saat peletakan batu pertama pembangunan Pasar Cheng Hoo, Pandaan Pasuruan, Jawa timur. Rabu 31/1/2024)

PASURUAN, transnews.co.id – Menteri Perdagangan Republik Indonesia Dr. Zulkifli Hasan melakukan Groundbreaking/ peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu, (31/1/2024).

Prosesi acara peletakan batu pertama pembangunan Pasar Cheng Hoo tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan khidmat kemudian dilanjutkan sambutan oleh Pj Bupati Pasuruan dan Zulkifli Hasan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto mengucapkan selamat datang kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang telah menyempatkan hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan Pasar Cheng Hoo ini.

Lebih lanjut, Andriyanto menjelaskan bahwa “Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo yang berlokasi di jalan raya Surabaya – Malang No 18 petung sari, Petung Asri kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan ini dekat dengan Pintu Tol Surabaya – Malang, juga dekat dengan tempat Wisata Taman Safari, Kekek Bodo, Cimory, Kebun raya Purwodadi, Vina Golf, Taman Dayu golf serta jalur utama Bromo – Tengger – Semeru dan potensi wisata yang lainnya di kabupaten Pasuruan,” terangnya.

Andriyanto menambahkan, bahwa kabupaten Pasuruan mendapatkan Dana Alokasi khusus pada tahun anggaran 2024 sebesar Rp 60 milyar yang dipergunakan untuk merevitalisasi pasar wisata Cheng Hoo yang menawarkan sensasi dengan keunikan desain bangunan ala Tiongkok yang Instagram able serta terintegrasi dengan budaya kabupaten Pasuruan.

“Dimana tadinya kapasitas pasar wisata Cheng Hoo hanya mampu menampung pedagang sebanyak 165 kios menjadi 330 kios,” terang Andriyanto

Selain itu, Andriyanto juga berharap dengan di revitalisasinya pasar Tematik Wisata Cheng Hoo akan menambah daya tarik wisata, dengan begitu akan banyak wisatawan yang datang ke kabupaten Pasuruan sehingga bisa meningkatkan omset para pedagang yang ada di sini. Juga akan menambah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar serta meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Pasuruan, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Mendag meyakini bahwa pembangunan Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo akan mengembangkan potensi wisata dan meningkatkan perekonomian Jawa Timur, khususnya Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo ini akan menunjang pengembangan tujuan wisata Kabupaten Pasuruan pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

Pembangunan Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran sebesar Rp 60 miliar. Pasar yang didesain dengan mengakomodasi budaya Tionghoa ini direncanakan dapat menampung sebanyak 330 pedagang. Tuturnya

Turut hadir dalam alam acara tersebut, , plt.sekretaris jendral Kemendagri Drs. Suhanto, MM., Staff khusus Kemendagri bidang hubungan antar lembaga Drs. Syailendra, MM., Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Timur Dr. Ahmad Jazuli, SH., M.Si.dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan serta para Camat dan kepala Desa se- Kabupaten Pasuruan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com