Mentan RI Resmikan Agro Edukasi Wisata Ragunan

Jakarta, TransNews.co.id- Agro Edukasi Wisata (AEW) Ragunan Jakarta Selatan diresmikan oleh Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo di Gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Jalan Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Jumat Pekan lalu.

Dalam peresmian tersebut hadir Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan Hasudungan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian pertanian Agung Hendriadi.

Menteri Pertanian mengatakan, saat ini pertanian tidak membutuhkan ketersediaan lahan yang besar. Ini artinya, pertanian bisa dilakuan di mana saja, dan dapat berskala ekonomi.

“Hari ini saya diyakinkan oleh Gubernur DKI Jakarta, bahwa lahan-lahan yang mereka miliki cukup bagus. Ini harus diintervensi secara bersama untuk menjadikan sebuah lahan yang produktivitas,” kata Mentan Syahrul

Untuk diketahui, AEW Ragunan merupakan yang pertama di Indonesia. Masyarakat yang berkunjung ke AEW, akan diperkenalkan dengan tanaman superfood endemik lokal untuk ketahanan pangan keluarga.

Kemudian juga diperkenalkan dengan teknologi budidaya urban farming seperti teknologi hidroponik, microgreen, tanaman edible flower yang terintegrasi pula dengan sektor perikanan yaitu kolam bioflok, dan lobster air tawar.

Selain tanaman, ada juga sektor peternakan yaitu peternakan sapi perah dan Taman Kelinci. AEW juga akan memperkenalkan pakan ikan alternatif yaitu dengan budidaya maggot.

Turut pula mendampingi Mentan dalam peresmian itu Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Parawisata Dadang Solihin, dan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Isnawa Adji.(*) Editor: Nas

 481 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X