Minggu Pertama Tahun 2024, 5 Wilayah di Indonesia Diguncang Gempa

Ilustrasi. Dampak gempa bumi.

JAKARTA, transnews.co.id || Gempa bumi kembali terjadi di Tanah Air. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 23.50 WIB ada satu wilayah di Indonesia yang diguncang gempa, Sabtu (6/1/2024).

Lindu tersebut terjadi di Maluku Barat Daya dengan kekuatan magnitudo 5.0. pada pukul 05:26:14 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Ada pun lokasi gempa terletak pada koordinat titik -7,72 Lintang Selatan (LS) dan 128,45 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya berjarak 87 km timur laut Maluku Barat Daya.

baca juga :   BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrim

Sementara, gempa dilaporkan berada dikedalaman 169 kilometer di bawah permukaan laut.

Sejauh ini belum ada laporan resmi dari BMKG terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa hari ini di Kabupaten Maluku Barat Daya tersebut.

baca juga :   Pemprov Jatim Kirim Bantuan Logistik Korban Gempa Bawean

Sebelumnya, pada Kamis (4/1/2024) Hingga pukul 22.00 WIB, BMKG melaporkan ada sejumlah gempa  terjadi di empat wilayah, masing-masing di Kabupaten Garut, Tanimbar, Pangandaran, Sumedang serta Laut Serui, Papua.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com