Para Seniman Aceh Berkumpul Di Yogya, Membicarakan Proses dan Karya

TN.YOGYA l — Para seniman Aceh mengadakan acara temu ramah seniman yang berada di Yogyakarta, kamis (30/6/2022). Dalam pertemuan tersebut  melahirkan beberapa poin untuk membagun hubungan yang selama ini dianggap kurang harmonis.

Acara dilakukan di Laseeba Cofe Jogyakarta. Dalam pertemuan tersebut hadir Mahdi Abdullah, Yasir, Udin, Kamar Agam, Kak Cut dan seniman seniman muda Aceh yang berada di Yogyakarta. Malam temu ramah tersebut membuat acara semakin seru dan terlihat harmonis, dari masing-masing seniman dan pihak taman budaya memaparkan ide dan masukkan guna membangun kesenian aceh pada umumnya dan seni rupa khususnya.

Dalam perbincangan tersebut Kamar Agam mengatakan untuk membangun kesenirupaan Aceh di setiap individu seniman harus menanggalkan keegoan masing-masing. Hilangkan mental blok dan teruslah berkarya. Dengan begitu menunjukkan keseriusan membangun seni rupa dengan karyanya. Dan pihak pemerintah juga akan mewacanakan membangun galeri seni rupa dan akan mengadakan event seni rupa semakin sering, seperti akan diadakan lomba kreativitas antar komunitas atau sanggar dan pameran, dan taman budaya juga akan mendatangkan pihak pengusaha untuk mengadakan pelelangan karya-karya terbaik Aceh agar pekerja seni dapat sejahtera.

Dari kawan-kawan seniman Aceh yang saat ini mengenyam pendidikan di ISI Yogjakarta juga berharap acara temu ramah/silaturahmi ini tidak bertepuk sebelah tangan, mereka berharap pemerintah Aceh juga memberikan peluang untuk mereka bisa bersilaturahmi dengan karya-karya terbaik mereka untuk di pamerkan di Taman Budaya Aceh.*** (Zam)

 147 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.