Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Capai 40 Persen 

Kegiatan pembangunan Seruni point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/5/2023)
Kegiatan pembangunan Seruni point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/5/2023)

PROBOLINGGO, transnews.co.id – Progres pembangun gerbang wisata kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya sudah mencapai 40 Persen.

Pembangunan gerbang wisata menuju Bromo tersebut, dilengkapi dengan rest area atau Terminal Seruni Point sebagai penanda fisik titik strategis jalur masuk menuju KSPN Bromo – Tengger – Semeru di Cemoro Lawang Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Jawa timur.

Dikatakan oleh Sunarno, Projek Manager (PM) PT. Sasmito pada Transnews.co.id Rabu (10/5/2023), bahwa pencapaian progres fisik pekerjaan di lapangan hingga Minggu ke dua 40 persen, itupun sebelum addendum dan CCO, katanya.

baca juga :   H+3 Lebaran, Lokasi Wisata Tawangmangu Dipadati Pengunjung

“ Karena adanya perubahan perhitungan progres atau CCO (Contract Change Order) yaitu ada pergeseran item pekerjaan yang tadinya untuk bangunan gedung souvernir dan cinderamata, karena kontur tanahnya tidak mendukung, oleh tim ITS digeser disebelahnya. Dan pondasi awal yang sebelumnya di peruntukan untuk taman, terang Sunarno.

Sementara itu, untuk menunjang pembangunan tersebut, jalan lingkungan juga dibangun dengan beton dan drainase menggunakan U-dicth pabrikasi, dan capaian progresnya sudah tahap finishing, ucap Sunarno.

Pemasangan batu Andesit di jalan lingkungan Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo, Rabu (10/5)
Pemasangan batu Andesit di jalan lingkungan Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kab. Probolinggo, Rabu (10/5)

Lebih lanjut, Sunarno mengatakan bahwa pekerjaan mayor pada paket pekerjaan tersebut meliputi, pembangunan Terminal Wisata Seruni Point di kaki jembatan kaca di Ngadisari, juga ada pembangunan jalan lingkungan dari paving diganti beton serta pembangunan titik kumpul litigasi bencana dan pembangunan TPS – TPS, kata Sunarno.

baca juga :   Ridwan Kamil Mendorong Pengembangan Destinasi Eduwisata Agribisnis Berkelas Dunia di Kertajati

” Sedangkan untuk saat ini pekerjaan jalan lingkungan sudah tahap finishing. Sedangkan bobot volume pekerjaan yang besar berada di terminal Senuni point sekitar 56 persen dan jalan lingkungan hanya 20 persen, dan sisanya pekerjaan TPS, ucapnya.

Terakhir, Sunarno mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah memperkerjakan sekitar 100 orang tenaga kerja, dan tidak menutup kemungkinan jika progres bangunan gedung di Seruni Point tahap finishing akan menambah lagi SDM untuk pekerjaan ME dan lainnya, ujarnya.

Pantauan di lapangan, Rabu (10/5/2023) tampak alat berat excavator sedang menata U- dicth dan para pekerja sedang melaksanakan aktivitasnya masing – masing.

baca juga :   Satlantas Batang Survei Akses Menuju Destinasi Wisata

Diperoleh informasi, bahwa untuk menuju wisata Bromo – Tengger – Semeru ada 4 gerbang, yakni gerbang Cemoro Lawang di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, dan untuk tiga gerbang lainnya yang berada di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com