Peringati Hari Ibu SMA PGRI Cidaun Cianjur Gelar Diklat Jurnalis Pelajar

Peringati Hari Ibu
SMA PGRI Cidaun Cianjur Gelar Diklat Jurnalis Pelajar

Cianjur,TransNews- Ratusan siswa siswi SMA PGRI Cidaun di Kabupaten Cianjur Jawa Barat menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik pelajar, Sabtu (22/12).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Persatuan Penulis Independen Indonesia itu berjalan sukses. Sebab dari beberapa sesion materi yang disampaikan nara sumber seperti tehnik wawancara dan tehnik menulis berita mampu diaplikasikan oleh peserta diklat meski waktu yang disediakan sangat singkat.

Kepala Sekolah SMA PGRI Cidaun, Wahyu Wiryawan,SPd, MPd, dalam sambutanya sekaligus membuka secara resmi diklat Jurnalis, mengungkapkan bahwa kegiatan diklat Jurnalis sangat bermanfaat bagi siswa dan guru guru pembimbing. Kegiatan ini akan terus digelar sebagai kegiatan rutin di SMA PGRI Cidaun. ” Simak dengan baik apa yang disampaikan nara sumber.Sebab jarang sekali kesempatan Diklat ini digelar. Di Cianjur sendiri baru SMA PGRI Cidaun yang bisa melaksanakannya,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan, kegiatan ini tidak memungut bea dari siswa, melainkan menggunakan Dana Bos sekolah kesiswaan.” Makanya manfaatkan dengan baik kegiatan diklat jurnalis ini,” ujarnya.

Menurutnya, moment kegiatan ini berbarengan dengan peringatan Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember,sekaligus juga penempatan Ruang Kelas baru yang sudah selesai pembangunannya.

” Kami berucap sukur karena semua jadwal kegiatan terjadwal dan tersusun sesuai rencana.Semoga SMA PGRI Cidaun mampu bersaing dengan sekolah lain dan lebih maju lagi,” harapnya.

Ketua DPD Persatuan Penulis Independen Indonesia(PPII) Asep D Nasrudin,S.Sos, dalam paparan materi tehnik wawancara dan tehnik menulis berita,diklat jurnalis pelajar menjelaskan, sebuah berita yang diterbitkan diberbagai media, baik media cetak dan elektronik harus melalui hasil wawancara di lapangan. Akan sangat malu jika dalam melakukan wawancara,wartwan yang mencari berita kehabisan pertanyaan.” Susunlah terlebih dahulu pertanyaannya baru ditulis. Kemudian dirangkum untuk menjadi sebuah berita yang kaya akan sumber dan fakta dilapangan,” terangnya.

Disesion terakhir,Ketua DPD PPII berkesempatan membagikan sertifikat berlisensi PPII dan memberikan Rewad berupa hadiah uang kepada peserta yang mampu membuat berita yang memenuhi unsur 5W1H. ( Chrystian/JML)

 1,456 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.