Peringati Hari Kesiapsiagaan, Pemkot Jaksel Simulasi Penangulangan Bencana Kebakaran

Jakarta,transnews.co.id- Dalam rangka Hari Kesiapsigaan Bencana, Pemkot Jakarta Selatan menggelar kegiatan simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di Gedung Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Skenario simulasi, diawali dengan terjadinya kebakaran di lantai lima Gedung A Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Ketika mendapatkan kabar terjadi kebakaran, para pegawai dari Satuan Polisi Pamong Praja yang menghuni lantai lima, lari kocar kacir, untuk keluar gedung menggunakan akses tangga darurat.

Selanjutnya menghubungi petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, untuk mengevakuasi pegawai yang tidak sempat menyelamatkan diri.

Kegiatan simulasi disaksikan langsung oleh Plt Walikota Jaksel Isnawa Adji.
Isnawa menjelaskan, sesuai instruksi Sekda DKI Jakarta, seluruh wilayah kota melakukan kesiapsiagaan bencana di lingkungan kerja masing-masing, dengan menggelar gladi penanggulangan bencana.

“Semua wilayah kota, termasuk Jakarta Selatan Fokusnya simulasi kebakaran di kantor Wali Kota. Jadi manusianya, peralatannya, metodenya, materialnya, semua harus siap,” kata Isnawa.

Instansi yang terlibat dalam simulasi diantaranya petugas Gulkarmat, PMI Jakarta Selatan, Sudin Kesehatan Jakarta Selatan, puskesmas dan tim Bagian Umum Setko Jakarta Selatan.

“Evakuasi memang dilakukan manual tidak menggunakan lift, karena setiap kejadian kebakaran kita harus memfungsikan semua sarpras penanggulangan bencana,” ujarnya.(*)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com