PLN Lakukan Perbaikan Hotspot Pada Gardu Induk 150 KV Durikosambi Jelang Nataru

Jakarta – PT PLN (Persero) terus berupaya mengoptimalkan peralatan Gardu Induk (GI) jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 dengan melaksanakan pemeliharaan secara berkala dan juga untuk mencegah terjadinya gangguan yang menyebabkan kerusakan peralatan.

Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) melaksanakan pekerjaan perbaikan hotspot di Gardu Induk 150 kV Durikosambi. Pekerjaan ini dilaksanakan dalam keadaan bertegangan tanpa melakukan pemadaman listrik.

“Tim PDKB melakukan perbaikan tanpa pemadaman listrik. Ini bentuk layanan optimal dari PLN agar kontinuitas penyaluran listrik ke masyarakat tidak terganggu,” kata General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan.

baca juga :   Jelang Tahun Politik, PT PLN UIT JBB Maksimalkan Pemeliharaan ROW

Pekerjaan perbaikan hotspot di GI 150 kV Durikosambi dilakukan oleh petugas yang telah memiliki sertifikat kompetensi dari badan sertifikasi, maka dipastikan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan telah ditangani oleh tenaga ahli berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) dan Instruksi Kerja (IK) yang berlaku serta selalu mengutamakan aspek K3.

baca juga :   Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PLN Lakukan Pemeliharaan SKTT 150 kV Alam Sutera - Summarecon Gading Serpong.

Sebelum pelaksanaan pekerjaan, para personil akan melakukan safety briefing, guna memastikan para personil telah memahami perannya masing – masing dalam pelaksanaan pekerjaan serta sesuai dengan urutan atau langkah – langkah pekerjaan. Personil yang terlibat berjumlah 11 orang, 2 orang sebagai pengawas pekerjaan dan pengawas K3 serta 9 orang sebagai pelaksana pekerjaan.

Didik menambahkan bahwa keberadaan tim PDKB ini merupakan wujud nyata PLN untuk menerangi negeri. Lebih lanjut ia menyampaikan, perbaikan hotspot gardu induk bertegangan tinggi dikerjakan sendiri oleh PLN dengan secara langsung bersentuhan dengan listrik bertegangan 150.000 Volt tanpa padam.

baca juga :   PLN Ungkap Strategi Perkuat Kompetensi SDM sebagai Komitmen Transisi Energi di Indonesia

“Kami selalu memastikan keandalan instalasi kelistrikan milik transmisi sehingga PLN dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat di Jakarta,” tutup Didik.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com