Program Rutin Donor Darah dan Pemeriksaan Gula Gratis

  • Bagikan

JEMBER, transnews.co.id – Korps Sukarela (KSR) PMI Unit UIN KHAS Jember menjalankan program kerja rutin kegiatan donor darah yang dikolaborasi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, berupa pemeriksaan gula darah. Itu dilakukan pada Kamis 22 September 2022 di Aula UIN KHAS Jember.

Hasil donor darah menghasilkan 21 kantong darah dari 56 relawan pendonor yang mendaftarkan diri. Dari jumlah itu maka pendonor yang ditolak karena tidak lolos screening lebih banyak yaitu 35 orang, yang kebanyakan mahasiswa.

KSR PMI Unit UIN KHAS Jember memang menjadikan sasaran kegiatan donor dan pemeriksaan gula darah gratis mahasiswa, dosen, dan masyarakat sekitar kampus. Kegiatan donor ini merupakan program kerja dari KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, juga sebagai upaya untuk mengenalkan budaya sedekah dan beramal melalui jalur kemanusiaan.

Tidak hanya kegiatan donor darah tetapi kali ini diselenggarakan pula pemeriksaan gula darah gratis dengan berkolaborasi dengan KSR PMI Unit POLKESMA Kampus 1 Jember. “Dalam kegiatan donor darah kali ini kami dari KSR PMI Unit UIN KHAS Jember mencoba mengenalkan kepada mahasiswa mahasiswi serta masyarakat tentang pentingnya donor darah rutin. Selain menyehatkan donor darah juga bisa di jadikan gaya hidup yang kekinian,” ujar Nadia Firli Maulida Anggota KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

“Selain donor darah kami berkolaborasi dengan teman teman dari KSR PMI Unit POLKESMA Kampus 1 Jember untuk menyelenggarakan pemeriksaan gula darah gratis bagi pendonor” Imbuhnya. Ini sebagai salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antara unit kegiatan mahasiswa UIN KHAS Jember.

“Untuk sekarang saya tidak lolos donor karena tekanan darah yang masih kurang. Pesan saya buat teman teman yang sudah cukup dan bisa donor darah ayo donor darah,” ujar Aderia Arum Sawitri selaku pendonor yang tidak lolos screaning.

“Pada kegiatan donor darah kali ini kebanyakan dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi yang masih tergolong pendonor pemula dan hal ini pula yang menjadi salah satu faktor banyaknya pendonor yang tidak lolos screening karena berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin yang tidak sesuai standart agar bisa lolos donor darah” ujar Syafaatul Habibah selaku ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

Ketua PMI Kabupaten Jember Dr. H. M Thamrin SE MM menjelaskan bahwa UIN KHAS Jember menjadi salah satu pengerak relawan pendonor yang handal. “Saya menilai KSR PMI Unit UIN KHAS Jember aktif menggelar kegiatan donor darah. saya ucapkan banyak terima kasih kepada KSR UIN KHAS Jember, semoga ibadah dan amalannya diterima Allah SWT,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Jember Dr M Thamrin SE MM. (Irfak )

 156 views

  • Bagikan

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.