Ribuan Warga Pasuruan Berebut Alpukat pada Kegiatan Gema Kating

PASURUAN, transnews.co.id – Ribuan buah alpukat, baik lokal maupun berukuran besar yang dipajang membentuk ancak raksasa, ludes diperebutkan warga tak kurang dari 10 menit pada Gerakan makan alpukat untuk menanggulangi stunting alias Gema Kating di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Senin (29/04/2024),

rata-rata warga penasaran ingin mendapatkan alpukat alligator yang bobot buahnya bisa mencapai lebih dari 1 kilogram.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengatakan, total ada 5 ribu buah alpukat yang dipajang sebagai ancak raksasa. Ribuan alpukat tersebut berasal dari Desa Pucangsari dan desa lain penghasil alpukat di Kecamatan Purwodadi seperti Desa Jatisari, Tambaksari maupun dari 7 wilayah lainnya.

“Kalau menurut Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, alpukat banyak tumbuh di 8 kecamatan seperti Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, Pasrepan, Tutur, Puspo, Lumbang dan Pandaan. Semuanya kami kumpulkan jadi satu di sini,” katanya.

Andriyanto menegaskan, bahwa kegiatan tersebut adalah tradisi budaya warga sekitar yang diharapkan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Terutama ketika musim panen raya buah alpukat telah tiba. Momennya pas sekali untuk menggelar Gema Kating yang didalamnya ada festival alpukat dan lainnya,” terangnya.

Selain ancak alpukat, Pemkab Pasuruan juga menyediakan aneka olahan berbahan dasar alpukat seperti puding alpukat, jus alpukat, kue-kue olahan alpukat dan snack lainnya.

Gema Kating digelar selama dua hari berturut-turut, yakni 27-28 April 2024. Selama acara berlangsung, panitia memberikan banyak hiburan seperti senam, cek kesehatan gratis, donor darah.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *