Sambut Idul Adha, PLN Upayakan Keandalan Listrik Melalui Pemeliharaan Jaringan Transmisi

Penulis: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

Bekasi – Demi memastikan keandalan pasokan listrik bagi masyarakat, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung kembali melakukan pemeliharaan penting pada jaringan transmisi.

Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan berani dan terampil melakukan penggantian isolator di Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Bekasi – Kandang Sapi.

Bacaan Lainnya
baca juga :  Kerahkan Pasukan PDKB, PLN Tingkatkan Pelayanan di Sisi Transmisi

General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan mengatakan langkah ini merupakan upaya proaktif untuk mencegah potensi gangguan dan pemadaman listrik akibat isolator yang mengalami anomali.

Selain itu, langkah yang diambil merupakan salah satu persiapan PLN dalam menyambut Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024.

“Isolator yang rusak dapat menyebabkan aliran listrik tidak stabil, sehingga berakibat pada penurunan kualitas layanan bagi pelanggan,” kata Didik.

baca juga :  PLN Raih Green Initiative Awards 2023, Buah Dari Miliki Berbagai Terobosan dalam Transisi Energi

Menariknya, Tim PDKB menggunakan teknik “barehand” atau sentuh langsung dalam proses penggantian isolator ini. Teknik ini membutuhkan keahlian dan ketelitian tinggi, namun memungkinkan pekerjaan dilakukan lebih cepat dan efisien karena dilakukan dalam keadaan bertegangan atau tanpa padam.

Pemeliharaan jaringan transmisi ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan. PLN secara berkala melakukan inspeksi dan pemeliharaan preventif untuk mendeteksi dan mengatasi potensi gangguan sebelum terjadi.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *