Sasar Lansia, Dinkes Jatim Sosialisasikan Imunisasi Covid 19 Tahap Dua

Jatim, Transnews.co.id – Dinas Kesehatan Jawa Tengah akan melakukan imunisasi berupa vaksinasi Covid 19 tahap dua yang dimulai awal bulan Maret 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana mengatakan, pelayanan vaksinasi Covid 19 tahap dua di Jawa Timur diutamakan menyasar kepada orang lanjut usia dan petugas pelayanan publik,”ujar Herlin,saat membuka Webinar Sosialisasi Vaksinasi Covid 19 Tahap 2 Di Jatim, Kamis (18/2/2021) secara virtual dari RS. Haji Surabaya.

Herlin mengungkapkan data sasaran lansia dan petugas publik Provinsi Jawa Timur sampai dengan tanggal 12 Pebruari berjumlah 4.584.802.Terbanyak dari kelompok lansia ada 2.551.432 orang .

Sisanya disusul dari kalangan pendidik 607.704 orang, pedagang pasar 680.790 orang, tokoh agama 9.377 orang, wakil rakyat 2.099 orang, pejabat negara 39 orang, pegawai pemerintah 262.393 orang, keamanan 91.581 orang, pelayanan publik 251.329 orang, tranportasi publik 119.229 orang, atlet 43 orang dan unsur pariwisata hotel restoran 8.786 orang.

“Prioritas pemberian vaksin Covid 19 ini berdasarkan kelompok umur dan profesi ditetapkan sesuai dengan ketersedian vaksin, total sasaran 4,5 juta orang sedangkan ketersediaan vaksin ada 1.316.041, sebanyak 75,9% untuk tenaga kesehatan yang telah dilaksanakan vaksinasi tahap satu pemberian dosis pertama dan akan diberikan dosis kedua pada tanggal 21 Pebruari,”paparnya.

Tujuan imunisasi Covid 19 ini,sambung Herlin, untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid 19,untuk mencapai kekebalan kelompok, untuk mencegah melindungi kesehatan masyarakat juga melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial ekonomi.

“Jadi tujuan diadakannya vaksinasi ini sangat strategis untuk pencegahan penyebaran dan pencegahan Covid 19,”kata Herlin.

Herlin menegaskan sesuai dengan penjelasan Presiden, jika ada provinsi yang selesai melaksanakan vaksinasi tahap 1 dan seterusnya maka akan segera dikirim vaksin berikutnya.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti dari Puskesmas pembantu sampai di Rumah Sakit dan dalam kondisi mendesak bisa dilakukan di tempat lain seperti di gedung pertemuan seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Surabaya dengan melakukan vaksinasi di gedung YKP sehingga bisa dilakukan dalam jumlah banyak.

Kesiapan penting lainnya adalah tenaga vaksinator yaitu tenaga kesehatan yang berkompenten untuk melakukan vaksinasi, di Jatim saat ini ada 11.276 orang vaksinator, jumlah ini diharapkan bisa bertambah lagi melalui pelatihan vaksinator yang diikuti oleh bidan,perawat sampai dokter.

“Untuk sasaran vaksinasi tahap kedua yang berjumlah sekitar 4,5 juta ini semoga bisa selesai dalam waktu satu bulan sehingga diperlukan kerjasama dan koordinasi” ujar Herlin.(HD) Editor:Nas

 661 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X