Siasati Ekonomi Saat Pandemi Kelurahan Selong Jaksel, Sampah Anorganik Dibuat Kerajinan

Jakarta,transnewes.co.id-Pengelola Bank Sampah Lavender di kelurahan Selong Jajarta Selatan,mengajarkan warga membuat kerajinan dari sampah anorganik.

Hal itu dilakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian warga Kelurahan Selong di tengah Pandemi Covid-19.

Lurah Selong, Murni mengatakan, Bank Sampah Lavender yang berada di Jalan Daksa IV RT 007 RW 04, Selong, Kebayoran Baru itu dikelola oleh pengurus RT/RW, dan kader PKK,”katanya Jumat,(9/4/2021).

Murni mengatakan,hal pertama yang dilakukan yaitu memberi pengetahuan kepada warga mengenai memilah sampah anorganik. Misalnya yang dipilih adalah botol bekas, kardus, kemasan plastik, dan lainnya.

“Selanjutnya, warga diajarkan merangkai dan membentuk sampah-sampah itu menjadi tempat tisu, buah, tas dan lain-lain,”ungkapnya.

Menurutnya, dengan memilah sampah, dan membuatnya menjadi suatu kerajinan tangan, merupakan salah satu upaya mengurangi sampah, sekaligus meningkatkan perekomian.

“Satu hasil kerajinan tangan itu harganya antara dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000,” tuturnya.

Untuk diketahui, Bank Sampah Lavender didirikan oleh oleh Kelurahan Selong yang berkolaborasi dengan CSR Pasific Place, dan Artha Graha pada Oktober 2016 lalu.

“Selama itu Bank Sampah Lavender selalu konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin menabung sampah,”pungkasnya.(*)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com