DAERAH  

Sinergi Pentahelix, Gus Muhdlor Minta Pers Kawal Pembangunan Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Gus Mudhlor saat membuka Bimbingan Teknis Insan Pers di Horizon Azizah Solo, 16-17 Nopember 2023
Bupati Sidoarjo Gus Mudhlor saat membuka Bimbingan Teknis Insan Pers di Horizon Azizah Solo, 16-17 Nopember 2023

SIDOARJO, transnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan sinergitas antara pemerintah dengan insan pers, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sidoarjo mengadakan Bimbingan Teknis Insan Pers di Hotel Horison Aziza Solo selama dua hari Kamis-Jumat, 16-17 Nopember 2023. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali kemarin malam, Kamis (16/11/2023).

Bimtek diikuti oleh sebanyak 125 orang wartawan dari berbagai media, dalam kesempatan tersebut Dinas Kominfo kabupaten Sidoarjo menghadirkan empat narasumber dari unsur pemerintah, akademisi dan media. Diantaranya Wakil Ketua 1 DPRD Sidoarjo H. Kayan SH, Wakil Ketua 2 DPRD Sidoarjo Bambang Riyoko serta Ketua Ikatan Jurnalis Televisi (IJT) Jawa Timur Ahmad Wilyanto M.Ikom, CTA dan Dosen Ilkom Untag Surabaya Wahyu Kuncoro.

Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan bahwa konsep Pentahelix menjadi salah satu konsep penting dalam pembangunan. Dan Media menjadi salah satu unsur kolaborasi didalamnya. Karena semua kegiatan pembangunan yang dijalankannya tidak pernah terlepas dari media.

baca juga :   Hari Pahlawan, Bupati Sidoarjo Gus Mudhlor Ingatkan Jaga Persatuan dan Gorong Royong

“Sehingga saya harapkan media dapat menjadi salah satu corong pembangunan yang dapat disampaikan kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang valid,” sampainya.

Untuk itu, Gus Muhdlor berharap sinergi pemerintah dengan media dapat terus dijaga. Media dapat ikut andil dalam mensukseskan program pembangunan. Seperti halnya program desa ODF  (Open Defecation Free) atau desa bebas buang air besar sembarangan yang sedang diwujudkannya. Menurutnya media dapat mengambil peran didalamnya melalui pemberitaannya.

“Sinergitas ini mari kita jaga bersama, ini bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk masyarakat Sidoarjo yang akan merasakan pembangunan yang sedang kita jalankan bersama ini,”ujarnya.

Para Narasumber Bimbingan Teknis Insan Pers yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo di Horizon Azizah Solo, Kamis (16/11/ 2023)
Para Narasumber Bimbingan Teknis Insan Pers yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo di Horizon Azizah Solo, Kamis (16/11/ 2023)

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Noer Rochmawati mengatakan bahwa salah satu tujuan Bintek kali ini adalah untuk menguatkan hubungan pemerintah daerah dengan media. Dikatakannya peran pers dalam pembangunan sangat dibutuhkan. Kontribusinya dalam pembangunan sangat diharapkan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Oleh karenanya keharmonisan antara pemerintah dengan media harus terus dijaga. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini.

baca juga :   Bupati Sidoarjo Bersama Warga Kompak Bersihkan PSU Kawasan Taman Pinang Indah

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan hubungan pemerintah dengan media agar masyarakat memperoleh informasi yang akurat transparan dan berimbang,” ucapnya.

Senada disampaikan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Sidoarjo Kayan menyambut baik kegiatan Bintek Insan Pers tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan meningkatkan SDM insan pers yang bertugas mengawal pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Ia melihat ada kecenderungan informasi yang belum akurat atau informasi yang belum pasti tersebar dimasyarakat. Hal itu menyebabkan kebingungan informasi dan pemberitaan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Kayan meminta wartawan Sidoarjo dapat menyajikan pemberitaan yang akurat. Wartawan dimintanya tidak tergesa-gesa dalam membuat sebuah pemberitaan sebelum memastikan kevalidan sumbernya. Sehingga nantinya pemberitaan tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

“Ada kecenderungan informasi yang belum akurat, informasi yang belum pasti karena  penulisan yang terlalu tergesa-gesa sehingga informasi itu tidak menjadi informasi yang baik, mumpung ini ada peningkatan kapasitas SDM wartawan tentunya hal-hal seperti ini tidak boleh terjadi di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

baca juga :   Bupati Sidoarjo Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru Rp 575 Juta

Kayan juga meminta insan pers dapat menyajikan pemberitaan yang konstruktif. Pemberitaan yang membangun untuk kemajuan Kabupaten Sidoarjo. Menurutnya, hal ini sebagai wujud kontribusi insan pers dalam mewarnai pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.

“Insya Allah insan pers di Sidoarjo ini cukup baik, cukup konstruktif dalam pemberitaannya, jika ada sedikit dinamika itu merupakan suatu kewajaran,”ucapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com