Sukabumi Bakal Miliki Bandar Udara

Sukabumi Bakal Miliki Bandar Udara

Sukabumi,TransNews- Masyarakat kota dan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mengaku senang dan gembira terkait informasi bahwa di wilayahnya akan segera dibangun bandar udara oleh pemerintah. Pembangunan Bandara Sukabumi, Jawa Barat rencananya dimulai awal 2019. Bandara tersebut rencananya dibangun di kawasan Cikembar, Sukabumi.

“Kami baru tahu dari anda bahwa di wilayah kami akan dibangun bandara. Jika benar, kami senang karena secara tidak langsung wilayah Sukabumi bakal banyak dikunjungi wisatawan yang dapat meningkatkan penghasilan ekonomi masyarakat,” kata Rodiansyah (47) warga Pasapen Warungkiara Sukabumi, Sabtu (24/8/2018).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media di Jakarta baru baru ini menyebutkan bahwa pembangunan Bandara Sukabumi, Jawa Barat dimulai awal 2019. Pembebasan lahannya sudah dimulai menelan dana hingga Rp 400 miliar. Sumber pendanaan tersebut berasal dari APBN dan APBD, 30% Pemda, 70% APBN. Rp 300-400 miliar lah. ” Kita harapkan 2019 awal,sudah dimulai ” kata Budi

Budi menambahkan, pembangunan bandara di Sukabumi dilakukan sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastruktur di Jawa Barat bagian selatan. Rencananya, bandara ini nantinya dikelola lebih dulu oleh Kementerian Perhubungan. Bandara ini didesain dengan panjang runway hingga 2.000 meter.

“Rencana pembangunan Bandara Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cikembar ditarget rampung pada tahun 2021-2022. Prosesnya masih menunggu pembebasan lahan oleh Pemprov Jabar,” ungkap Budi

Ditanya kenapa lokasinya harus di Cikembar, Budi menjelaskan Cikembar dipilih karena lokasi tersebut berada di tengah-tengah antara Kota Sukabumi dan pusat perkotaan Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu. “ Kehadiran bandara Sukabumi akan mampu mengembalikan kejayaan pariwisata di Sukabumi,” tandasnya. (Nas/Is)

 210 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.