SWI Dan PWI Pasuruan Raya Bersatu

Uswatun Jamilah SE ketua DPD SWI kabupaten Pasuruan, Jawa timur
Uswatun Jamilah SE ketua DPD SWI kabupaten Pasuruan, Jawa timur

PASURUAN, transnews.co.id – Sebagai penyambung aspirasi masyarakat, wartawan yang bertugas di Kabupaten pasuruan khususnya, tanpa terkecuali diantaranya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersatu dengan Sekber Wartawan Indonesia (SWI) untuk menyukseskan pembangunan di daerah Pasuruan.

Disampaikan oleh ketua Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Uswatun Jamilah, SE, bahwa wartawan dalam menyelesaikan informasi harus secara komprehensif, mencerdaskan, sehat, serta bisa menjadi “setawar sedingin” (menyejukkan) masyarakat.

Jangan menyampaikan pesan- hanya sepotong-sepotong, yang bisa memprovokasi masyarakat, serta benar-benar harus sesuai kode etik jurnalistik,” harap Uswatun

Hal tersebut disampaikan Ketua SWI Pasuruan raya saat acara jalan sehat HPN ke 77 di perkantoran Raci Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (11/3/2023)

baca juga :   DPD SWI Sidoarjo Gelar Halal Bihalal dan Sarasehan Jurnalistik

Acara gerak jalan HPN ke-77 tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris PWI Kabupaten Pasuruan Iwan Dayat selaku ketua panitia.

Diperoleh informasi, bahwa terselenggaranya acara gerak jalan sehat HPN ke 77 tersebut, sumber dana terbesar berasal dari sumbangan PT. Sampurno. tbk.

Pada kesempatan tersebut, Ketua SWI Pasuruan raya mengapresiasi kegiatan jalan sehat tersebut dengan hadiah yang cukup fantastis senilai ratusan juta rupiah.

Berkaitan dengan penyelenggaraan giat jalan sehat tersebut, jajaran pengurus dan anggota SWI lainnya mengkonsumsi terkait sumber dana kegiatan tersebut, Ketua PWI Pasuruan raya Joko samudra tidak mau memberikan tanggapan alias bungkam.

Ketua PWI Joko Samudro dan sekretaris Pasuruan raya Iwan Dayat
Ketua PWI Joko Samudro dan sekretaris Pasuruan raya Iwan Dayat

Disela-sela acara jalan sehat tersebut, ketua PWI Kabupaten pasuruan Joko Samudro ditanya tentang ketidak hadiran diacara pelantikan SWI DPD pasuruan raya di Bangil Pasuruan beberapa waktu yang lalu mengatakan dirinya sangat sibuk.

baca juga :   Sekber Wartawan Depok Kecam Arogansi Kapolres Metro Depok

“Kami sangat berharap PWI dan SWI di pasuruan bisa bersatu dalam segala kegiatan yang ada di pasuruan raya tersebut. Utamanya harap Uswatun jamilah, mewakili pengurus dan anggota organisasi wartawan “paling yunior” di Indonesia itu.

Di bagian lain, Uswatun Jamilah mengatakan, selagi sesuai aturan, SWI terus berkomitmen dan akan mendukung sepenuhnya setiap upaya untuk meningkatkan kompetensi wartawan di daerah ini. Seperti UKW dan SKW yang akan dilaksanakan SWI Kabupaten pasuruan dalam waktu dekat, Katanya,

” UKW dan SKW yang akan diselenggarakan SWI Kabupaten Pasuruan merupakan ujian kompetensi yang memang harus diikuti wartawan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

baca juga :   Kabid Advokasi Hukum DPD SWI Sidoarjo, Buka Cafe

“Kami menilai UKW dan SKW ini merupakan langkah positif agar kiprah pers di Kabupaten Pasuruan raya khususnya, dapat berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers.SWI tentu mendukung sepenuhnya,” ujarnya. (Hadi Martono)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com