Tahun 2021,Kemendes PDT Tidak Rekrut Pendamping Desa Baru

Malang, Transnews.co.id-Pada tahun 2021, Kemendes PDT tidak akan melakukan rekrutmen pendamping desa baru, namun akan fokus pada peningkatan kapasitas.

Demikian ditegaskan Mentri Desa PDT Abdul Halim Iskandar,saat Kunker di Malang Jatim, Jumat (27/11/2020).

Menteri Abdul Halim menambahkan kemampuan para pendamping desa juga perlu untuk ditingkatkan mengingat ada berbagai tantangan kedepannya.

“Pendamping desa masih sangat dibutuhkan. Saya juga akan fokus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pendamping desa tersebut,” katanya.

Dalam hal pemanfaatan Dana Desa (DD), sambung Halim, ada dua hal yang harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan yang ada. Pertama, adalah terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan yang kedua adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Dana Desa itu fokus pada support pertumbuhan ekonomi, kedua peningkatan SDM, itu yang disebut dengan kemandirian desa,” katanya.

Ditandaskan Halim, selain fokus pada upaya untuk mewujudkan kemandirian desa, keberadaan para pendamping desa juga penting.

“Terlebih, dengan adanya sistem informasi desa terpadu, peran pendamping desa cukup dibutuhkan oleh masyarakat,”pungkasnya.(*)
Editor:Nas
Photo: Doc Istimewa

 5,104 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X