TNI Kerahkan 12 Ribu Prajurit untuk Pengamanan KTT ASEAN

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meninjau secara langsung Command Center Polri untuk KTT ASEAN 2023 bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di D’aj Hall, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (7/5/2023). (Dok. Puspen TNI)

JAKARTA, transnews.co.id || TNI kerahkan 12.131 prajurit TNI untuk melaksanakan tugas pokok pengamanan ketat kepada para kepala negara dan delegasi yang akan mengikuti kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Mereka tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP).  Hal itu sesuai dengan perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

“Pengamanan KTT ke-42 ASEAN dilaksanakan oleh TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya seperti Basarnas, Badan Inteljien Negara (BIN) dan Badan Siber dan Sandi Negara  (BSSN), tentunya harus bersinergi dan solid sehingga jangan ada ego sektoral,” kata Yudo dalam siaran pers Pusat Penerangan TNI, Senin (8/5/2023).

baca juga :   Selesai Overhaul, Dua Helikopter TNI AD Diserahkan ke Pusnerbad

Berdasarkan keterangan pers Puspen TNI, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono selaku Pangkogabpadpam VVIP mendampingi kegiatan Laksamana Yudo meninjau langsung gelar pengamanan KTT Ke-42 ASEAN di Hotel Meurorah, Hotel Ayana Komodo Waecicu dan D’aj Hall (lokasi Command Center POLRI).

Marsdya TNI Andyawan mengatakan, prajurit TNI tersebut telah melaksanakan apel kesiapan dan saat ini sudah berada di posisi lokasi pengamanan, baik di ring satu, ring dua, dan ring tiga.

“Kita persiapan cukup lama dan kita siapkan mulai dari masalah teknis sampai dengan puncak yang akan kita laksanakan, kemarin apel kesiapan satuan dan hari ini melaksanakan pengecekan langsung ke lapangan, baik itu pasukan yang insert di lapangan di ring satu, dua maupun tiga,” kata Andyawan.

baca juga :   Polda Sumsel Gelar Zoom Meeting Terkait Pemantapan Polri

Andyawan berharap masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya agar berdoa kegiatan KTT ASEAN tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Agar event ini berhasil dan lancar, kita banyak sekali berkomunikasi dan bersinergi antara TNI-Polri, kita dengan kementerian/lembaga lainnya seperti BSSN, BIN, pemerintah daerah untuk terselenggaranya kegiatan tersebut, dan saya mengucapkan terima kasih dukungan masyarakat yang sudah saling menjaga keamanan pelaksanaan kegiatan ini,” ucapnya.

baca juga :   Kapolri Akan Tambah Polda dan Personel di Wilayah Daerah Otonomi Baru 

Diketahui KTT ASEAN akan dihadiri 8 pemimpin negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam serta Sekjen ASEAN, plus Perdana Menteri Timor Leste.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com