UPT PPSAB Sidoarjo Latih PM Balita Motorik Halus

UPT PPSAB Sidoarjo Ajak PM Balita Mewarnai dengan Pasir Warna

SIDOARJO, transnews.co.id – Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (UPT PPSAB) Sidoarjo mengajak penerima manfaat (PM) balita usia 3-5 tahun mewarnai dengan menggunakan pasir warna.

Aktivitas tersebut bermanfaat untuk melatih motorik halus PM balita. Saat melakukan kegiatan tersebut di halaman ruang balita, mereka didampingi oleh pengasuh yang bertugas, Anik Purwanti.

Media yang digunakan yakni berupa kertas stiker yang telah diberi pola, pasir dengan aneka warna, tusuk gigi kecil untuk membantu mengelupas kertas stiker berpola, dan gambar kecil sebagai referensi untuk mewarnai. Aktivitas pertama, pengasuh membiarkan PM balita membuka sendiri plastik kemasannya, lalu pengasuh memberikan contoh kepada mereka cara menjimpit dan mencungkil kertas stiker berpola agar menyisakan kertas stiker yang mengandung perekat. Setelah itu, pengasuh membiarkan mereka untuk berimajinasi bagaimana memberi warna pada pola yang telah tersedia. Di sini, PM balita juga melakukan sensory play karena bisa menjumput dan merasakan butiran-butiran tekstur pasir.

Kepala UPT PPSA Balita Sidoarjo, Evi Dwi Widajanti, melalui Kepala Seksi Pelayanan Sosial Isvan Daniel Ananta menyampaikan, kegiatan mewarnai dengan pasir warna, hal tersebut bisa melatih pola berpikir PM balita bagaimana cara memecahkan masalah atau problem solving.

“Mereka juga dapat belajar untuk mengenal warna, meratakan, dan memperkirakan batas-batas yang akan diwarnai,” ungkapnya. (Hadi Martono)

 49 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X