Wawali Jaksel: Cegah Longsor Pinggiran Sungai Agar Bisa Dibangun Sheet Pile

Jakarta,transnews.co.id-Bantaran kali di Cilandak Barat dan lokasi longsor di Srengseng Sawah, ditinjau oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji,Jumat (5/2/2021).

Peninjauan dilakukan guna mengecek kesiapan wilayah dalam menghadapi potensi bencana banjir, dan longsor selama musim hujan. Dalam peninjauan itu Kasudin SDA Jaksel Mustajab turut mendampingi Wawali.

Dalam laporannya Mustajab menyampaikan, untuk lereng di sekitar tempat terjadinya longsor saat ini sudah ditangani.

“Untuk pinggiran saluran penghubung ini seharusnya bebas dari bangunan,” katanya.

Wawali Isnawa mengatakan masih ada bangunan yang tidak mengindahkan batas bibir sungai, sehingga jarak bebasnya hampir tidak ada dengan bibir sungai,” kata Isnawa disela meninjauan kemarin.

“Kita mengetahui bahwa cuaca ekstrem akan terjadi bencana, seperti longsor dan banjir, yang disebabkan oleh bangunan tersebut,” ungkapnya.

Isnawa mengingatkan kepada perangkat wilayah, untuk segera merelokasi orang-orang yang tinggal di pinggiran sungai, agar bisa dibangun sheet pile.

Untuk diketahui, Sheet pile adalah dinding vertikal yang berfungsi untuk menahan terjadinya longsor tanah.

“Saat ini SDA sedang memperbaiki sheet pile tersebut, sehingga membuat tebing dan lereng di sekitar sini aman,” pungkasnya.(*) Editor:Nas

 356 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X