Antisipasi Bencana,Kelurahan Pondok Labu Jaksel Siagakan Pasukan SIBAT

Jakarta,transnews.co.id- Kelurahan Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan menyiagakan pasukan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) untuk antisipasi bencana.

Menurut Ketua Sibat Mahmudi disela kegiatan, Sabtu (30/1/2021) menjelaskan
anggota Sibat ini terdiri dari berbagai unsur masyarakat seperti LMK, FKDM, pengelola RPTRA, PPSU dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

“Dalam Sibat, masyarakat berperan penting pada penanganan bencana di wilayahnya sendiri, baik itu terkait Covid-19, banjir atau lainnya,”ujarnya.

Mahmudi menambahkan ada enam orang anggota yang tergabung didalamnya. Awal pembentukan Sibad pada Juli 2020 lalu.
Sebenarnya ini program dari PMI, jadi dalam keadaan darurat kami selaku masyarakat bisa berkoordinasi langsung ke PMI.

“Ya pastinya PMI juga quick respon, jika sudah ada penjelasan awal dari kami,” bebernya.

Dikatakannya setiap anggota Sibat dibekali kemampuan untuk menyemprot disinfektan, dan membantu puskesmas jika ada masyarakat yang terpapar Covid-19.

Dalam menghadapi musim hujan,Sibat merapat ke instansi pemerintah dan berbagai lembaga guna berkoordinasi.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di wilayah Pondok Labu. Terlebih Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan telah membuat RW 07 sebagai Kampung Siaga Bencana.

Kampung tersebut merupakan salah satu lokasi yang kerap banjir, dan membutuhkan perhatian ekstra jika hujan turun.

“Kita ke semuanya berkoordinasi, apalagi sudah ada Kampung Siaga jadi ya kita otomatis ikut di dalamnya,”pungkasnya.(*)Editor:Nas

 298 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X