BBWS Brantas Rehab Waduk Bening Rejoso Nganjuk Rp 48,6 Milyar

Jatim,Transnews.co.id – Guna meningkatkan fungsi dan pelayanan irigasi kepada masyarakat petani di wilayah Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWSB) merehab saluran irigasi waduk Bening yang berada di wilayah Kecamatan Rejoso Nganjuk,Jawa Timur.

Untuk kegiatan rehabilitasi saluran irigasi tersebut, BBWS Brantas mengalokasikan anggaran tahun 2020 sebesar Rp.48,6 milyar melalui Kepala Satuan Tugas Non Vertikal (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Brantas pada PPK Irigasi dan Rawa I.

Diketahui pada tahun anggaran 2020 BBWSB melaksanakan kegiatan rehabilitasi saluran irigasi Waduk Bening Nganjuk yang di kerjakan PT.Aura Sinar Baru dengan harga kontrak Rp.32,1 milyar.

Anggaran digunakan berupa pemasangan liningplat dan sebagian pasangan batu kali disepanjang irigasi waduk Bening yang mengaliri hamparan tanaman bawang merah di wilayah Kecamatan Rejoso kabupaten Nganjuk.

Sebagaimana yang di ungkapkan Kardi salah satu petani bawang merah warga Desa Jatigedong kecamatan Rejoso pada Transnews dilapangan Rabu (16/12/2020) mengaku sangat bersyukur dengan di perbaiki nya irigasi waduk Bening.

“Harapannya setelah irigasi ini direhab bisa memperlancar suplai air ke area persawahan,dan air benar benar dipastikan bisa sampai ke lahan pertanian,”ungkapnya.

Pantauan Transnews di lapangan,tampak bangunan memanjang saluran irigasi menggunakan liningplat yang baru saja selesai dikerjakan.

Puji Rianto penanggung jawab pelaksana lapangan PT Aura Sinar Baru pemenang lelang rehabilitasi saluran irigasi waduk Bening dikantor nya Rabu (16/12/2020) mengatakan,bahwa pekerjaan dilapangan sudah selesai awal Oktober 2020,serta selesai juga pemeriksaan terminnya kemudian dilanjutkan lagi tahun 2021 hingga PHO akhir Desember 2021,”katanya.

Terpisah, Zena Pelaksana Teknik (Peltek) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa I Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Kamis (17/12/2020 ) kepada Transnews menjelaskan, bahwa pekerjaan rehabilitasi saluran irigasi waduk Bening tahun anggaran 2020 sudah selesai pemeriksaan termin.

“Dan di lanjutkan lagi tahun anggaran 2021 hingga serah terima sementara pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO) Desember 2021,”pungkas Zena.(Hadi) Editor:Nas

 737 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X