BPKP Awasi 60 Cluster dan 67 Isu Pembangunan Tematik di 34 Provinsi

Serang,transnews.co.id-Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Banten (BPKP) Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2021.

Rakor dibuka langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Lama Provinsi Banten, Kamis (8/4/2021).

Rakor digelar berdasarkan amanat PP 60 Tahun 2008 dan Perpres 192 Tahun 2014 dan dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi pengawasan oleh APIP dalam mengawal akuntabilitas program strategis pemerintah nasional/daerah dengan mengusung tema Sinergi Pengawasan Intern dalam Mengawal Pencapaian Tujuan Program Ketahanan Pangan Daerah di Wilayah Provinsi Banten.

Sekretaris Utama BPKB Banten, Ernadhi Sudarmanto mengatakan BPKP telah memetakan 15 Agenda Pengawasan Prioritas (APP) 2021 dengan total 60 cluster objek pengawasan dan 67 isu pembangunan tematik yang tersebar di 34 provinsi, salah satunya Provinsi Banten.

“Adapun Program Ketahanan Pangan merupakan program prioritas daerah di wilayah Provinsi Banten,”paparnya.

Menurut Ernadhi,masih terdapat tantangan potensial terkait isu strategis ketahanan pangan tersebut di antaranya tentang permintaan pasar yang cenderung menurun, penurunan daya beli, refocusing,

“Oleh karenanya perlu dilakukan pengawasan atas program ketahanan pangan untuk menghasilkan kesimpulan mengenai desain dan keselarasan kebijakan dalam mewujudkan ketahanan pangan serta akuntabilitas dalam pengimplementasinya” ungkapnya.

Ernadhi berharap rapat koordinasi ini dapat menghasilkan kesimpulan dimana BPKP bersama aparat pengawasan intern di wilayah provinsi Banten dapat bersama-sama dan berkolaborasi dalam merumuskan pengawasan program ketahanan pangan.

“Sejak penentuan rencana umum, pengawasan, desain dan metodologi pengawasan mekanisme pelaporan serta monitoring atas tindak lanjut hasil pengawasan,”harapnya.(Up)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com