BPPW Jatim Bangun TPA Kediri Rp.38 Miliar

Jatim,transnews.co.id-Untuk mengatasi sampah yang kian overload di wilayah kabupaten Kediri Jawa timur,Pemerintah pusat tahun 2020 mengalokasikan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah (PPPW) II provinsi Jawa Timur, Balai Prasarana Permukiman (BPP) wilayah Jatim sebesar 38 Miliar untuk kegiatan Tempat Pembangunan Akhir Sampah (TPA) Kabupaten Kediri.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dilapangan diketahui,bahwa pada proses lelang paket pekerjaan pembangunan TPA sampah Kabupaten Kediri senilai Rp.38 milyar tersebut diikuti oleh 144 perusahaan jasa kontruksi dalam negeri.

Dalam perjalanan proses tender tersebut,hanya ada 11 perusahaan jasa kontruksi yang melakukan penawaran. Dan hasil evaluasi lelang terkoneksi, hanya ada 3 (tiga) perusahaan jasa kontruksi yang melakukan penawaran terendah ,yaitu PT.Modern Makmur Mandiri dengan harga penawaran sebesar Rp.29,9 milyar, PT.Tenaga Inti Bumi sebesar Rp.29,9 milyar dan yang ketiga adalah PT.Gala Karya yang berkantor di jalan Jaksa Agung Suprapto IV nomor 98 Gresik Jawa Timur dengan harga penawaran terkoreksi sebesar Rp.28.436.430.437,80- milyar yang di jadikan sebagai pemenang tender paket pekerjaan pembangunan TPA sampah Kabupaten Kediri.

Pantauan Transnews di lapangan,tampak berlangsung kegiatan pembangunan atau pemasangan drainase yang menggunakan Box culvert atau U – dicth,juga berlangsung pekerjaan Bronjong ,serta pekerjaan pembuatan bak kontrol dan kolam lindi dan tanggul.

Sedang berlangsung kegiatan penurunan U – dicth pabrikasi untuk pekerjaan drainase dari atas truk trailer dengan menggunakan alat berat excavator.

Anang,penangung jawab pelaksana kegiatan lapangan pembangunan TPA sampah Kabupaten Kediri PT.Gala Karya Sabtu (9/1/21) pekan lalu menjelaskan bahwa pekerjaan pembangunan TPA sampah Kabupaten Kediri hingga per Minggu pertama Januari 2021 perolehan progres fisik pekerjaan dilapangan sudah mencapai 57 prosen dan semoga rencana PHO sesuai jadwal bulan Mei 2021 tercapai.

“Bahwa pekerjaan mayor pembangunan TPA kabupaten Kediri yaitu pembangunan tanggul keliling,”terangnya.

Ditempat terpisah Kepala BPP Wilayah Jatim M.Reva Sastrodiningrat .ST.M.Sc.lewat surat jawaban konfirmasi nomor CK.06.01 – Cb.16/26 mengatakan, bahwa kegiatan pembangunan TPA kabupaten Kediri tersebut di laksanakan dengan sistem kontrak tahun jamak TA 2020 – 2021 dan saat ini progres fisik pekerjaan di lapangan sudah sesuai rencana.

“Bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan TPA kabupaten Kediri tersebut, telah mengikuti prosedur K3 ,dan dalam pelaksanaan pembangunan telah dilakukan pengawasan oleh konsultan supervisi untuk menjamin kwalitas,” pungkasnya. (Hadi) Editor:Nas

 430 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X