DAERAH  

Bupati Blora Resmikan Pasar UMKM Tangguh Cepu

Blora, Transnews.co.id – Bupati Blora H. Arief Rohman, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, menghadiri pembukaan sekaligus peresmian Pasar UMKM Tangguh yang digagas Pemerintah Kelurahan Cepu, Kecamatan Cepu di komplek Pujasera MC Edupark Nglajo, Minggu (23/1/2022).

Pembukaan serta peresmian Pasar UMKM Tangguh Cepu dilakukan oleh Bupati Arief dengan melepaskan balon udara, kemudian menuliskan testimoni di sebuah papan putih, hingga melepaskan burung perkutut secara bersama-sama.

Pada kesempatan itu, Bupati Arief usai pembukaan langsung berkeliling stan UMKM beserta Ketua Tim Penggerak PKK untuk berbelanja dengan menggunakan aplikasi pembayaran non tunai QRIS Bank BRI.

Sejumlah produk UMKM mulai makanan, kerajinan tangan, produk bantal, hingga burung perkutut dibeli oleh Bupati.

Masyarakat umum juga tampak antusias berbelanja beragam produk UMKM yang dijual di lokasi ini.

Selama berbelanja, semuanya diwajibkan memakai masker dan disediakan tempat cuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19.

Tak perlu waktu lama, Pasar UMKM Tangguh yang dibuka mulai 07.00 WIB langsung diserbu pembeli. Banyak masyarakat yang datang untuk mencari sarapan dan lainnya usai olahraga pagi.

baca juga :   H. Mohammad Hafid Nasir Sampaikan Program di Depok Jaya

Bismillahirrahmanirrahim, Hari Minggu ini kita resmikan Pasar UMKM Tangguh Kelurahan Cepu di komplek MC Edupark Nglajo.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi wujud kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Semoga bisa terus dilaksanakan secara rutin dan eksis seminggu sekali. Idenya bagus, keren Pak Lurah dan jajarannya,” kata Bupati Arief.

Alhamdulillah tadi laris manis, dan pembayaran bisa dilakukan secara non tunai dengan aplikasi QRIS Bank BRI. Seluruh pedagang UMKM juga didaftarkan ke aplikasi jual beli online di laman pasar.id binaan Bank BRI.

“Jadi jika tidak sempat kesini, juga bisa belanja UMKM secara online lewat aplikasi pasar.id. Top pokok e..!! Cepu keren..!!,” ungkap Bupati.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada BRI Cabang Cepu yang sudah membantu UMKM. Demikian juga kepada PPSDM Migas dan pengelola MC Edupark yang telah memfasilitasi tempat.

baca juga :   TNI AU Radar 214 Sosialisasikan Bela Negara untuk Generasi Muda Batang

“Kami berharap kegiatan seperti ini juga bisa dilaksanakan di Kelurahan, Desa, hingga Kecamatan lainnya. Monggo sesarengan mbangun ekonomi Blora. Semangat….!!,” kata Bupati.

Menurut Bupati, UMKM merupakan salah satu sektor yang pertumbuhannya terus positif pasca pandemi.

Sehingga pihaknya terus mendukung agar UMKM Kabupaten Blora semakin naik kelas. Tidak hanya berjualan secara tradisional, namun juga digital.

Slamet Dwi Cahyono, Lurah Cepu, menyampaikan bahwa selama setahun lebih sektor perekonomian warga sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

Setelah pandemi berangsur membaik, pihaknya ingin membangkitkan kembali ekonomi masyarakat dari sektor usaha mikro kecil menengah melalui Pasar UMKM Tangguh.

“Selama pandemi banyak UMKM di Cepu yang terdampak, jualan susah, pendapatan berkurang dan lain sebagainya. Maka kali ini dengan dihadiri Bapak Bupati beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, kita ingin bangkitkan kembali sektor UMKM Cepu lewat Pasar UMKM Tangguh yang kita laksanakan di komplek MC Edupark Nglajo ini,” ungkap Lurah Cepu.

baca juga :   Alirkan Genangan Air dan Bersihkan Tanaman Liar, DPUPR Blora Kerahkan Tim Reaksi Cepat

Menurutnya, ada seratus lebih pelaku UMKM di Kelurahan Cepu. Namun kali ini baru ada 80 yang mengikuti kegiatan itu.

“Kami berharap kedepan terus meningkat. Apalagi ini dapat bimbingan langsung dari BRI. Jadi pelaku UMKM bisa jualan secara digital melalui portal Pasar.id yang pembayarannya juga bisa online melalui aplikasi QRIS Bank BRI. Jadi setelah jualan disini, bisa lanjut jualan secara online dari rumah masing-masing,” tambah Lurah Cepu.

Turut hadir dalam kesempatan ini perwakilan pimpinan Bank BRI Cabang Cepu, Forkopimcam Cepu, perwakilan PPSDM Migas dan pengelola Migas Cepu Edupark.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com