DAERAH  

Bupati Jember Kunjungi Korban Terdampak Bencana Gempa di Dusun Watulo

Jember, Transnews.co.id – Bupati Jember H. Hendy Siswanto bersama rombongan Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD) lansung datangi korban bencana gempa yang berada di Dusun Watulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambuluh, Kamis (16/12/2021).

Gempa bumi yang terjadi tepat pukul 06:01 WIB dengan pusat gempa berada di kedalaman 10 km laut selatan Jember, sangat berdampak sekali banyak rumah warga mengalami kerusakan. Baik rusak ringan, sedang maupun berat, bencana ini juga mengakibatkan rusaknya gedung fasilitas umum (fasum). Serta ada sejumlah warga yang terluka.

Bupati Jember H Hendy Siswanto menyampaikan ke beberapa awak media,
Dari beberapa rumah yang terdampak gempa terjadi akibatnya rumah menjadi retak retak semua dan banyak genting atap yang jatuh, dikarenakan posisi gempa ini sangat dekat dengan pantai watulo, jadi pengaruhnya sangat lumayan besar.

baca juga :   Tim Kalong Polres Jember Berhasil Menggagalkan Penjualan 1300 Beby Lobster ilegal

“Karena rumahnya banyak yang retak dan genting genting pun banyak yang berjatuhan, jadi rumahnya harus segera dirobohkan karena memang retak- retaknya terlalu banyak hingga sampai kebawah, dan ini harus segera dibongkar, agar bisa untuk segera di perbaiki, dan dirikan rumah yang baru, supaya menjadi aman bagi penghuninya,” tuturnya.

Hendy menambahkan, Akibat dampak gempa yang melanda Jember khususnya bagian selatan banyak korban luka-luka sekitar 45 orang dan yang patah untuk saat ini yang kami ketahui hanya masik 1 orang.

baca juga :   Mulai 1 Juni PT KAI Luncurkan 5 KA Baru, Rute Terjauh Jakarta - Jember

“Untuk bagi korban yang rumanya mau di perbaiki kita bisa menampung di tempat kami, ditempat dinas sosial, dan kita juga ada hotel kebun agung yang bisa ditempati gratis untuk korban bencana gempa, yang memang rumanya tidak bisa ditempati,” ungkapnya.

Di konfirmasi yang berbeda Kabit (BPBD) Jember, Penta Satria mengatakan “Ada lima Kecamatan yang berdampak gempa diantaranya
Kecamatan Ambulu, Kecamatan Tempurejo, Wuluhan, Siloh dan Kecamatan Puger, tetapi data ini masi belum final,” tuturnya.

baca juga :   Warga Puger yang Tergabung Dalam PTGS Menggelar Deklarasi Wes Wayae Wong Puger Makmur

Satria menambahkan “Untuk masalah sosialisasi kami bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Jember, kami melakun sosialisasi kepada masyrakat yang kususnya berdekatan langsung dengan daerah rawan gempa, untuk lebih waspada dan selalu tetap siaga,” paparnya. (lrfak)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com