Bupati Siak,Wabah Covid Berdampak Kepada Penurunan IPM

Kab Siak Riau, Transnews.co.id-Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak menggelar Musrenbang RKP Desa Tahun 2022. Kegiatan Musrenbang dibuka resmi oleh Bupati Siak Alfedri di aula desa megkapan Kamis lalu (18/2/2021).

Kehadiran Bupati Alfedri secara langsung di Musrenbang kecamatan itu, untuk menampung aspirasi masyarakat Sungai Apit secara langsung dan juga untuk melihat potensi yang di miliki masing-masing 14 Kampung 1 Kelurahan.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan kegiatan musrenbang ini merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah.

Bupati berharap seluruh kepala kampung atau unsur-unsur terkait wajib hadir dalam acara musrenbang tahun ini. Karena musrenbang tujuan untuk dapat menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang ini penting supaya dapat menghasilkan usulan program kegiatan di tingkat kecamatan, yang berkualitas dan berdasarkan kebutuhan masyarakatnya,” ujar Bupati.

Di jelaskannya, tolak ukur keberhasilan Pemda adalah pembangunan di tentukan oleh Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang di ukur dari pendidikan, kesehatan dan Ekonomi.

“Semenjak wabah Covid 19 terjadi, IPM ikut berdampak hal ini di karenakan, sekolah diliburkan, ekomomi masyarakat juga ikut terdampak, akibatnya penghasilan berkurang, belum lagi adanya pengalihan anggaran untuk Covid 19”, terangnya.

Sesuai dengan tema Musrenbang itu yaitu, percepatan pemulihan ekonomi melalui pertanian industri, UMKM, Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Bupati Alfedri tema acara Musrenbang sangat tepat.Pada RKPD tahun 2021 harus mengacu kepada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yang nantinya akan di tuangkan ke dalam RPJMD kemudian tiga bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik akan di usulkan ke Dewan untuk di Buatkan Peraturan Daerahnya,”paparnya.

Sementara itu Camat Sungai Apit Wahyudi dalam acara musrenbang ini menyampaikan masyarakat dapat menyampaikan langsung ke pada Bupati Siak.

Pemetaan yang sudah di buat sesuai dengan tema, peningkatan pertanian, UMKM, Ekraf serta masyarakat yang berdaya saing.

“Ya saya berharap melalui musrenbang ini apa saja permasalahan dapat dipecahkan, warga dapat mengusulkan yang memiliki skala proritas, dan menyampaikan potensi desanya” harapnya.(dra) Editor:Nas

 261 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X